Bos Apple Mundur

Inilah Surat Pengunduran Diri Steve Jobs

Kompas.com - 25/08/2011, 13:33 WIB
EditorInggried

KOMPAS.com — Kabar mundurnya Steve Jobs dari posisinya sebagai CEO Apple, Rabu (24/8/2011) kemarin, cukup mengejutkan. Cara Jobs mengundurkan diri menunjukkan pribadinya sebagai seorang pemimpin dan inovator. Ia menyerahkan surat pengunduran diri dan mengatakan dengan rendah hati bahwa hari paling bersinar dan paling inovatif dalam sejarah Apple telah menanti.

Berikut surat pengunduran dirinya, seperti dikutip dari PCMag:

Kepada Board Director dan Komunitas Apple,

Saya selalu berkata, jika ada hari di mana saya tidak dapat lagi memenuhi tanggung jawab dan ekspektasi sebagai CEO Apple, saya akan menjadi orang pertama yang mengatakan hal tersebut. Sayangnya, hari itu telah tiba. Saya dengan ini mengundurkan diri sebagai CEO Apple.

Saya akan berperan, jika Board Director merasa pas, sebagai Chairman of the Board, direktur dan para pekerja di Apple. Selama rencana sukses saya berjalan, saya merekomendasikan secara kuat untuk mengeksekusi rencana sukses kita dan menunjuk Tim Cook sebagai CEO Apple.

Saya percaya bahwa hari paling bersinar dan paling inovatif Apple telah menanti. Dan, saya berharap bisa melihat dan berkontribusi pada kesuksesan itu dengan peran baru. Saya telah menjalin persahabatan di Apple dalam hidup saya, dan saya berterima kasih atas kesempatan bekerja bertahun-tahun dengan Anda.

Alasan mundurnya Steve Jobs diduga karena faktor kesehatan. Meski demikian, belum jelas status kesehatan Jobs saat ini. Beberapa analis mengatakan bahwa ketokohan Steve Jobs sulit digantikan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Bahkan pada hari-hari di mana ia makin melemah, ia sakit bertahun-tahun, persona dan karismanya tetap magnetis. Ia memiliki berita yang menyenangkan dan mengomunikasikannya dengan cara yang bagus. Ia adalah industry's last true showman," kata Lance Ullanof, mantan Chief Executive Apple.

Beberapa analis menganggap bahwa ketokohan Jobs inilah yang sulit ditandingi oleh Tim Cook. Namun, analis lain percaya bahwa Cook adalah orang yang tepat untuk menggantikan Jobs.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.