Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Bos Apple Mundur

Perjalanan Steve Jobs dan Apple

Kompas.com - 25/08/2011, 13:45 WIB

AP Photo/Paul SakumaCEO Apple Steve Jobs.

KOMPAS.com - Nama Steve Jobs memang identik dengan Apple. Kehadirannya seperti ruh bagi perusahaan yang telah menghasilkan produk-produk digital inovatif yang mengguncang pasar. Tengoklah Mac, iPod, iPhone, dan iPad. Apple tanpa Steve Jobs mungkin "sayur tanpa garam". Dialah yang disebut-sebut sebagai tokoh di balik rancangan produk-produk inovatif Apple tersebut.

 

Jobs juga selalu hadir di garda depan setiap kali Apple merilis produk-produk barunya. Kharismanya di panggung selalu menarik perhatian dunia meski selalu hadir dengan gaya pakaian yang sama yakni baju atau kaus panjang warna hitam dan celana jeans.

Tak cuma inventor, Jobs juga seorang marketer sejati. Di bawah kepemimpinannya, Apple dengan percaya diri melakukan terobosan yang mendikte pasar. Dia pula yang berhasil membangkitkan kembali Apple setelah sempat mengalami kemunduran.

Seperti apa sepak terjang Steve Jobs di Apple? Berikut ringkasan perjalanan Jobs dan Apple!

1955 Stephen Paul Jobs dilahirkan.

24 Februari 1972 Jobs kuliah di Reed Coolege, Oregon, namun drop out. Ia hanya menyelesaikan satu semester.

1974 Jobs bekerja di produsen video game Atari dan mendirikan Homegrew Computer Club dengan Steve Wozniak, sahabatnya di SMA yang beberapa tahun lebih tua.

1976 Jobs mendirikan Apple Computer bersama Steve Wozniak saat April Mop setelah berhasil mengembangkan sirkuit komputer di sebuah garasi. Produk pertama Apple Computer I dijual dengan harga 666,66 dollar AS.

1977 Apple Inc resmi terbentuk dengan menarik dana sejumlah investor. Apple II yang merupakan komputer pertama dengan layar grafis dirilis. Sejak itu penjualan Apple meroket hingga 1 juta dollar AS per tahun.

1980 Apple jual saham perdana ke publik dan meraih suntikan dana segar 110 juta dollar AS, nilai IPO (initial public offering) terbesar saat itu.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com