SARANA TRANSPORTASI

Kereta Rel Diesel AC Beroperasi di Jatim

Kompas.com - 25/08/2011, 15:31 WIB
EditorRobert Adhi Ksp

SURABAYA, KOMPAS.com - Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1432 H, Gubernur Jawa Timur didampingi Wakil Menteri Perhubungan, Bambang Susantono meresmikan pengoperasian Kereta Rel Diesel Indonesia (KRDI) AC di Stasiun Pasar Turi, Surabaya, Kamis (25/8/2011).

"Pengoperasian KRDI AC, salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan pelayanan angkutan perkeretaapian kelas ekonomi. Apalagi dilaksanakan mendekati arus mudik lebaran serta menjadi program pengembangan perkeretaapian nasional," kata Soekarwo.

M akin berkembangnya sarana transportasi kereta api, moda ini diharapkan bisa menjadi tulang punggung transportasi nasional. Untuk mewujudkan keinginan tersebut, diperlukan komitmen tinggi dalam memenuhi kebutuhan transportasi nasional sebagai upaya melayani masyarakat.

Jadi kata Soekarwo, pembangunan Double Track Railway yang melintasi jalur utara pulau Jawa segera dipercepat penyelesaiannya. Ditargetkan, jalu ganda akan selesai pada 2014. Jika jalur ganda beroperasi, maka tingkat efisiensi dan beban jalan raya lebih berkurang, sehingga dapat mengurangi tingkat kepadatan lalu lintas di jalan raya .

Pada kesempatan itu Wakil Menteri Perhubungan, Bambang Susantono menyampaikan, beroperasinya KRDI-AC akan membawa pengaruh besar bagi perindustrian dan tran sportasi di Jatim. KRDI-AC selain mengurangi kepadatan lalu lintas, secara tidak langsung meningkatkan Produk Domestik Regional Bruto ( PDRB) Ja tim, karena pengusaha bisa memanfaatkan sarana kereta api sebagai alat angkut untuk distribusi usahanya, katanya.

Selain itu, penggunaan kereta api sebagai alat transportasi bisa meningkatkan efisiensi, di antaranya bahan bakar yang lebih hemat, tingkat keamanan yang tinggi, sera penggunaan lahan untuk rel yang lebih hemat ketimbang jalan raya.

KRDI AC ini melayani rute perjalanan Surabaya-Lamongan- Bojonegoro. Kereta ini dilengkapi fasilitas pendingin ruangan (AC) dan toilet sebanyak dua unit pada masing-masing gerbong. Sementara susunan tempat duduk dibuat 2-2 agar lebih ergonomis untuk perjalanan jarak jauh.

KRDI AC menampung 580 penumpang. Sebagai upaya pengenalan KRDI-AC, P T. Kereta Api Indonesia mengadakan layanan mudik gratis dari Surabaya-Bojonegoro mulai 25 Agustus 2011 9 September 2011.

 

Baca tentang


    Rekomendasi untuk anda
    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X