Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
SARANA TRANSPORTASI

Kereta Rel Diesel AC Beroperasi di Jatim

Kompas.com - 25/08/2011, 15:31 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1432 H, Gubernur Jawa Timur didampingi Wakil Menteri Perhubungan, Bambang Susantono meresmikan pengoperasian Kereta Rel Diesel Indonesia (KRDI) AC di Stasiun Pasar Turi, Surabaya, Kamis (25/8/2011).

"Pengoperasian KRDI AC, salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan pelayanan angkutan perkeretaapian kelas ekonomi. Apalagi dilaksanakan mendekati arus mudik lebaran serta menjadi program pengembangan perkeretaapian nasional," kata Soekarwo.

M akin berkembangnya sarana transportasi kereta api, moda ini diharapkan bisa menjadi tulang punggung transportasi nasional. Untuk mewujudkan keinginan tersebut, diperlukan komitmen tinggi dalam memenuhi kebutuhan transportasi nasional sebagai upaya melayani masyarakat.

Jadi kata Soekarwo, pembangunan Double Track Railway yang melintasi jalur utara pulau Jawa segera dipercepat penyelesaiannya. Ditargetkan, jalu ganda akan selesai pada 2014. Jika jalur ganda beroperasi, maka tingkat efisiensi dan beban jalan raya lebih berkurang, sehingga dapat mengurangi tingkat kepadatan lalu lintas di jalan raya .

Pada kesempatan itu Wakil Menteri Perhubungan, Bambang Susantono menyampaikan, beroperasinya KRDI-AC akan membawa pengaruh besar bagi perindustrian dan tran sportasi di Jatim. KRDI-AC selain mengurangi kepadatan lalu lintas, secara tidak langsung meningkatkan Produk Domestik Regional Bruto ( PDRB) Ja tim, karena pengusaha bisa memanfaatkan sarana kereta api sebagai alat angkut untuk distribusi usahanya, katanya.

Selain itu, penggunaan kereta api sebagai alat transportasi bisa meningkatkan efisiensi, di antaranya bahan bakar yang lebih hemat, tingkat keamanan yang tinggi, sera penggunaan lahan untuk rel yang lebih hemat ketimbang jalan raya.

KRDI AC ini melayani rute perjalanan Surabaya-Lamongan- Bojonegoro. Kereta ini dilengkapi fasilitas pendingin ruangan (AC) dan toilet sebanyak dua unit pada masing-masing gerbong. Sementara susunan tempat duduk dibuat 2-2 agar lebih ergonomis untuk perjalanan jarak jauh.

KRDI AC menampung 580 penumpang. Sebagai upaya pengenalan KRDI-AC, P T. Kereta Api Indonesia mengadakan layanan mudik gratis dari Surabaya-Bojonegoro mulai 25 Agustus 2011 9 September 2011.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com