Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saham Kompetitor Apple Langsung Naik

Kompas.com - 25/08/2011, 17:01 WIB

KOMPAS.com - Kemunduran Steve Jobs dari Apple memberi dampak kuat pada bisnis IT. Di satu sisi, kemunduran Steve Jobs membuat saham terkait industri Apple turun namun saham kompetitornya justru naik.

The Telegraph hari ini (25/8/2011) melaporkan bahwa saham Apple turun 7 persen. Sementara, saham FoxConn Technology Co, firma Taiwan yang membuat iPhone dan iPad diproduksi secara massal di bagian selatan Cina juga menurun sebesar 2,3 persen.

Di sisi lain, saham saham Samsung justru naik sebesar 3 persen. Samsung selain memproduksi elektronik dan smartphone juga dikenal sebagai produsen Samsung Galaxy Tab, salah satu saingan iPad. Kenaikan juga terjadi pada saham vendor milik HTC. Masih oleh The Telegraph, dilaporkan bahwa kenaikan saham diperkirakan mencapai angka 2,6 persen.

Belum jelas apakah penurunan dan kenaikan ini hanya dampak sesaat atau bisa berlanjut dalam jangka panjang. Namun, dipastikan bahwa faktor kuat penurunan adalah mundurnya Steve Jobs. Seperti diketahui, Jobs mundur sebagai CEO Apple per Rabu, 24 Agustus 2011. Jabatannya digantikan oleh Tim Cook yang semula menjabat sebagai COO. Jobs sendiri akan berperan sebagai Chairman.

Banyak analis beranggapan bahwa dalam jangka pendek, bisnis Apple akan berlangsung normal. Namun dalam jangka panjang, kreativitas Cook dalam produk akan sangat menentukan masa depan Apple sehingga tetap bertahan.

Sejauh ini, para analis mengatakan bahwa Cook akan mampu menjalankan kegiatan operasional sehari-hari Apple, termasuk dalam soal meningkatkan keuntungan. Tapi, untuk soal kreativitas, banyak yang masih ragu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com