Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AMD Tunjuk CEO Baru, Mantan Eksekutif Lenovo

Kompas.com - 26/08/2011, 06:12 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Produsen chip PC, AMD (Advanced Micro Devices) menunjuk Rory P. Read sebagai President and CEO (chief executive officer) yang baru. Read adalah mantan Chief Operating Officer (COO) Lenovo.

Read segera menggantikan tugas Thomas Seifert yang sempat merangkap selama tujuh bulan terakhir sebagai pejabat sementara sejak ditinggal Dirk Meyer. Selanjutnya Saifert kembali menjalankan tugas sebagai Chief Financial officer (CFO) saja.

Chairman AMD Bruce Claflin menyebut Read merupakan sosok ideal untuk mendorong perusahaan menjadi pemimpin industri semikonduktor. Read yang baru berusia 49 tahun sebelumnya berkarir di IBM selama 23 tahun sebelum bergabung dengan Lenovo sejak divisi PC IBM diakusisi lenovo tahun 2005.

AMD dikenal sebagai pesaing utama Intel di bisnis prosesor PC (personal computing). Sejak membeli ATI, AMD juga menjadi produsen utama chip grafis. Bahkan, kini mendorong industri prosesor yang terintegrasi dengan chip grafis dalam satu chip.

Meyer mundur setelah dianggap mengecewakan karena di bawah kepemimpinannya, AMD belum juga memproduksi chip untuk tablet dan smartphone. Padahal, dua komoditi tersebut merupakan produk yang tengah berkembang pesat di dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com