Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Steve Jobs Tetap Jadi Tokoh Sentral Apple

Kompas.com - 26/08/2011, 10:59 WIB

KOMPAS.com - Meski telah mundur dari jabatan CEO, Steve Jobs kemungkinan tetap menjadi tokoh sentral di perusahaan tersebut. Posisinya sebagai chairman saat ini, tidak mengurangi perannya dalam menentukan masa depan Apple.

Hal tersebut ditegaskan sendiri oleh Tim Cook yang menggantikan posisi Steve Jobs sebagai CEO Apple. Dalam email yang dikirimkannya kepada seluruh karyawan Apple, Kamis (25/8/2011), Cook secara tegas menekankan masih besarnya pengaruh Steve Jobs ke depan.

"Kita akan tetap mengikuti panduan dan inspirasi yang diberikan chairman kita," tulis Tim Cook. Ia meyakinkan semua karyawan bahwa Apple tetap akan membuat produk terbaik di dunia.

Di email tersebut, Cook juga menegaskan bahwa tidak akan ada perubahan di Apple. Ia tetap akan mempertahankan prinsip nilai dan budaya perusahaan yang dibangun secara unik berbeda dengan perusahaan lainnya oleh Steve Jobs selama 13 tahun.

Saat mengumumkan pengunduran dirinya, Rabu, Steve Jobs menyatakan bahwa ia tetap akan memantau dan berkontribusi terhadap Apple. Menurut Carl Howe, analis dari Yankee Group, komitmen tersebut ditunjukkan dengan kehadiran Jobs seharian di kantor Apple pada hari terakhir menjabat CEO meski seharusnya masih dalam perawatan dokter.

"Saya cukup mengenal Steve Jobs sehingga dapat memastikan selama ia bernapas, ia akan tetap memberikan arahan di Apple," ujar Tim Bajarin, Presiden Creative Strategies. "Ia akan tetap menjadi kepala visioner di Apple," tambahnya.

Menurut laporan sejumlah sumber, Steve Jobs memang masih akan terlibat dalam pengembangan produk strategis Apple di masa depan. Ia bakal menjadi chairman aktif meski sehari-hari tak lagi menjalankan pekerjaan CEO. Sampai sekarang pun tidak ada pengumuman sampai kapan Steve Jobs akan menjabat chairman, tetap di Apple atau meninggalkan perusahaan tersebut sepenuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com