Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mozilla Pamerkan Firefox untuk Tablet

Kompas.com - 02/09/2011, 17:24 WIB

CALIFORNIA, KOMPAS.com - Mozilla memamerkan bocoran desain aplikasi web browser Firefox yang akan tersedia untuk perangkat komputasi tablet. Firefox yang dikembangkan oleh Mozilla Mobile Team itu akan berjalan dalam sistem operasi berbasis Android 3.0.

Hingga kini Mozilla belum menentukan kepastian mengenai waktu peluncuran Firefox anyar tersebut. Ian Barlow, desainer pengalaman pengguna mobile Mozilla, mengatakan bahwa Firefox versi tablet yang dikembangkan tersebut merupakan evolusi dari Firefox untuk mobile phone versi terdahulu. Modifikasi itu meliputi beberapa pengembangan yang memberi keuntungan di tablet yang berlayar lebih besar.

"Pada versi mobile phone, kami menyembunyikan seluruh elemen UI (user interface). Pada tablet yang memiliki layar lebih besar, kami memunculkan beberapa elemen yang membantu pada layar, misalnya tabs," kata Barlow seperti diberitakan Wired, Kamis (1/9/2011).

Barlow mengemukakan, ketika tablet diposisikan horizontal (landscape), tabs atau jendela pada browser Mozilla akan tampak di samping kiri layar sehingga memudahkan pengguna berpindah jendela browser. Pada posisi vertikal (portrait), tab akan tersembunyi sehingga memberi ruang yang lebih lebar untuk konten yang diakses.

Karena Mozilla belum menjelaskan kapan akan merilis browser ini, tampaknya Anda harus bersabar. Anda dapat mengetahui bocoran desain Firefox untuk tablet bisa dilihat di Flickr milik Barlow.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com