Mozilla Pamerkan Firefox untuk Tablet

Kompas.com - 02/09/2011, 17:24 WIB
EditorLaksono Hari W

CALIFORNIA, KOMPAS.com - Mozilla memamerkan bocoran desain aplikasi web browser Firefox yang akan tersedia untuk perangkat komputasi tablet. Firefox yang dikembangkan oleh Mozilla Mobile Team itu akan berjalan dalam sistem operasi berbasis Android 3.0.

Hingga kini Mozilla belum menentukan kepastian mengenai waktu peluncuran Firefox anyar tersebut. Ian Barlow, desainer pengalaman pengguna mobile Mozilla, mengatakan bahwa Firefox versi tablet yang dikembangkan tersebut merupakan evolusi dari Firefox untuk mobile phone versi terdahulu. Modifikasi itu meliputi beberapa pengembangan yang memberi keuntungan di tablet yang berlayar lebih besar.

"Pada versi mobile phone, kami menyembunyikan seluruh elemen UI (user interface). Pada tablet yang memiliki layar lebih besar, kami memunculkan beberapa elemen yang membantu pada layar, misalnya tabs," kata Barlow seperti diberitakan Wired, Kamis (1/9/2011).

Barlow mengemukakan, ketika tablet diposisikan horizontal (landscape), tabs atau jendela pada browser Mozilla akan tampak di samping kiri layar sehingga memudahkan pengguna berpindah jendela browser. Pada posisi vertikal (portrait), tab akan tersembunyi sehingga memberi ruang yang lebih lebar untuk konten yang diakses.

Karena Mozilla belum menjelaskan kapan akan merilis browser ini, tampaknya Anda harus bersabar. Anda dapat mengetahui bocoran desain Firefox untuk tablet bisa dilihat di Flickr milik Barlow.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X