Doodle

Google Doodle Rayakan HUT Freddie Mercury

Kompas.com - 05/09/2011, 16:16 WIB
EditorA. Wisnubrata

KOMPAS.com - Desain dekoratif logo Google yang selama ini dikenal dengan doodle, kini menampilkan penghargaan terhadap penyanyi legendaris Freddie Mercury. Halaman awal google.com ini menampilkan doodle berisi mozaik foto-foto vokalis band Queen itu. Rupanya google khusus menampilkan doodle Freddie untuk memperingati hari ulang tahun ke-65 vokalis bernama asli Farrokh Bulsara yang meninggal pada 24 November 1991 tersebut.

Google juga membuat animasi di Youtube sepanjang 1 menit 39 detik untuk mempublikasikan doodle Freddie Mercury. Animasi dan doodle tersebut dirancang oleh Jennnifer Hom yang menghabiskan waktu sekitar 3 bulan bersama ilustrator lainnya untuk memilih sekelompok foto dari album Freddie dan menempatkannya bersama-sama dalam audio visual.

"Mengingat betapa warna-warni karya Freddie itu, maka kami ingin menciptakan sebuah doodle yang berwarna-warni," ujar Hom seperti dilansir NBC. Ia mengaku gembira bisa menciptakan doodle besar dengan ukuran yang tidak sama dengan ukuran doodle normal yang biasa dibuat oleh tim Google. Namun animasi yang diunduh ke Youtube ini masih kalah panjang durasinya dibandingkan animasi doodle yang diunduh Google untuk Charlie Caplin pada 13 April 2011.

Freddie lahir di Stone Town, Zanzibar - sekarang termasuk wilayah Tanzania, Afrika Timur, pada 5 September 1946. Ia tutup usia akibat mengidap penyakit AIDS. Sepanjang hidupnya, Freddie Mercury telah menciptakan lagu-lagu yang melegenda seperti Bohemian Rhapsody, We Will Rock You, Love of My Life, I Want To Break Free, dan We Are The Champion.

Dalam dunia musik internasional nama Freddie Mercury adalah salah satu Legenda musik Rock. Karya-karyanya termasuk musik abadi yang dapat didengar segala usia. Menurut rekannya Brian May, Mercury adalah musisi yang berbakat sekaligus eksentrik. Freddie menulis lagu dengan kunci-kunci yang aneh. Kebanyakan band rock memainkan kunci A atau E, dan bisa D atau G, lain dengan musik Freddie yang mempunyai struktur chord yang aneh dan susah dimainkan dengan gitar. Dia dilahirkan dengan bakat dalam bidang seni yang luar biasa, sehingga tak ada satupun grup musik yang bisa menyaingi lagu-lagu yang digubahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.