Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Doodle

Google Doodle Rayakan HUT Freddie Mercury

Kompas.com - 05/09/2011, 16:16 WIB

KOMPAS.com - Desain dekoratif logo Google yang selama ini dikenal dengan doodle, kini menampilkan penghargaan terhadap penyanyi legendaris Freddie Mercury. Halaman awal google.com ini menampilkan doodle berisi mozaik foto-foto vokalis band Queen itu. Rupanya google khusus menampilkan doodle Freddie untuk memperingati hari ulang tahun ke-65 vokalis bernama asli Farrokh Bulsara yang meninggal pada 24 November 1991 tersebut.

Google juga membuat animasi di Youtube sepanjang 1 menit 39 detik untuk mempublikasikan doodle Freddie Mercury. Animasi dan doodle tersebut dirancang oleh Jennnifer Hom yang menghabiskan waktu sekitar 3 bulan bersama ilustrator lainnya untuk memilih sekelompok foto dari album Freddie dan menempatkannya bersama-sama dalam audio visual.

"Mengingat betapa warna-warni karya Freddie itu, maka kami ingin menciptakan sebuah doodle yang berwarna-warni," ujar Hom seperti dilansir NBC. Ia mengaku gembira bisa menciptakan doodle besar dengan ukuran yang tidak sama dengan ukuran doodle normal yang biasa dibuat oleh tim Google. Namun animasi yang diunduh ke Youtube ini masih kalah panjang durasinya dibandingkan animasi doodle yang diunduh Google untuk Charlie Caplin pada 13 April 2011.

Freddie lahir di Stone Town, Zanzibar - sekarang termasuk wilayah Tanzania, Afrika Timur, pada 5 September 1946. Ia tutup usia akibat mengidap penyakit AIDS. Sepanjang hidupnya, Freddie Mercury telah menciptakan lagu-lagu yang melegenda seperti Bohemian Rhapsody, We Will Rock You, Love of My Life, I Want To Break Free, dan We Are The Champion.

Dalam dunia musik internasional nama Freddie Mercury adalah salah satu Legenda musik Rock. Karya-karyanya termasuk musik abadi yang dapat didengar segala usia. Menurut rekannya Brian May, Mercury adalah musisi yang berbakat sekaligus eksentrik. Freddie menulis lagu dengan kunci-kunci yang aneh. Kebanyakan band rock memainkan kunci A atau E, dan bisa D atau G, lain dengan musik Freddie yang mempunyai struktur chord yang aneh dan susah dimainkan dengan gitar. Dia dilahirkan dengan bakat dalam bidang seni yang luar biasa, sehingga tak ada satupun grup musik yang bisa menyaingi lagu-lagu yang digubahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com