Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PERAMPOKAN

Mereka Merampok demi Memuaskan Hasrat Bermain "Game Online"

Kompas.com - 06/09/2011, 02:55 WIB

Dua remaja lelaki merampok toko binatu Aqualis Fabricare di Jalan Taman Aster Raya RT 05 RW 14 Perumahan Galaxy, Kelurahan Jakasetia, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Minggu (4/9) pukul 14.00.

Mereka merampok demi mendapatkan uang untuk memuaskan hasrat bermain game online atau permainan virtual di warung internet.

TC (18) dan NIA (19) adalah kedua remaja yang khilaf itu. Keduanya dibekuk polisi Minggu malam secara terpisah di Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi. TC ditangkap di rumahnya di Perumahan Kemang Pratama 2 Blok ZZ sekitar pukul 20.00. NIA diciduk dari angkutan kota di Jalan Siliwangi (Narogong) sekitar pukul 22.00 saat menuju Terminal Bekasi untuk melarikan diri.

Menurut Kepala Unit Reserse Kriminal Kepolisian Sektor Bekasi Selatan Inspektur Dua Kasran, kedua remaja itu mengaku kepada penyidik terdorong merampok untuk mendapatkan uang demi memenuhi hasrat bermain game online.

TC, siswa kelas III SLTA, kerap menghabiskan waktu bersama NIA di warung internet di kawasan Perumahan Kemang Pratama dari sore sampai pagi memainkan pelbagai program permainan. Kedua remaja ini sudah bersahabat sejak SMP.

Nyaris setiap hari keduanya sering menghabiskan waktu enam hingga sembilan jam di warung internet. Tarif warung internet Rp 3.000-Rp 5.000 per jam. Artinya, mereka bisa menghabiskan Rp 13.000-Rp 27.000 atau Rp 30.000-Rp 45.000 per hari. ”Uang saku tidak cukup,” tutur TC kepada penyidik.

Menurut Kasran, orangtua TC mengetahui anaknya sering pulang pagi. Keluarga juga sempat curiga TC menghabiskan waktu di tempat hiburan dan mengonsumsi narkotika, tetapi hal itu tidak terbukti. Ternyata, TC lebih suka menenggelamkan diri dalam permainan internet.

Kasran menduga kedua tersangka tidak punya cukup uang untuk bermain internet sepuasnya. Adapun NIA tidak sekolah dan belum bekerja sehingga setali tiga uang.

Terinspirasi film laga

Pengakuan NIA, dia juga terinspirasi film-film laga perampokan untuk merencanakan dan melaksanakan perampokan. ”Kami yang merencanakan (perampokan),” katanya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com