Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IBM Bikin Hardisk Terbesar Berkapasitas 120 Petabyte

Kompas.com - 06/09/2011, 16:20 WIB

KOMPAS.com - IBM sedang membangun sebuah hardisk terbesar yang memiliki kapasitas 120 petabyte, atau 120 juta gigabyte. Saat ini hardisk terbesar di dunia masih berkapasitas 15 petabyte. Apabila proyek ini selesai, maka IBM akan memiliki hardisk dengan kapasitas terbesar di dunia.

Tentu bukan sebuahhardisk tunggal. IBM membuat hardisk tersebut dari serangkaian 200 ribu hardisk yang digabungkan menjadi satu di fasilitas superkomputer. Pelaksanaan proyek dilakukan di CA Research Lab, Almaden, San Jose, California, AS.

Hardisk raksasa ini bisa berisi tidak kurang dari satu triliun file dan dapat menjalankan simulasi sistem yang lebih kompleks, seperti untuk cuaca dan pemodelan iklim. Megaserver ini dibuat untuk klien anonim yang berencana membuat simulasi fenomena peristiwa nyata.

Untuk mendukung proyek ini, IBM mengembangkan berbagai perangkat keras dan teknik perangkat lunak baru. Pendingin yang dibuat untuk hardisk raksasa ini menggunakan sirkulasi air, bukan kipas seperti pendingin hardisk pada umumnya.

Ketika disk tunggal mati, sistem menarik data dari drive lain dan menulis ke disk pengganti perlahan-lahan, sehingga superkomputer dapat terus bekerja. Jika lebih banyak kegagalan terjadi di antara drive di dekatnya, drive akan membangun kembali kecepatan untuk memproses dan menghindari kemungkinan kegagalan lain, seperti terhapusnya beberapa data secara permanen.

IBM menggunakan taktik standar menyimpan beberapa salinan data pada disk yang berbeda, tapi mempekerjakan perbaikan baru yang memungkinkan superkomputer untuk tetap bekerja dengan kecepatan hampir penuh bahkan ketika drive rusak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com