Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yahoo! Gagal Tentukan Fokus Bisnis

Kompas.com - 07/09/2011, 12:41 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Carol Bartz, yang bergabung dengan Yahoo! Inc sejak 13 Januari 2009, sebetulnya dikontrak menjadi CEO selama empat tahun. Namun, baru 30 bulan atau dua setengah tahun menjabat, ia sudah diberhentikan. Para analis menyatakan Bartz menghadapi tekanan sejak pertama menduduki jabatannya untuk menentukan masa depan Yahoo! Namun, ia dinilai gagal.

"Yahoo! masih belum bisa menentukan akan bergerak ke arah mana, apakah menjadi perusahaan media, atau menjadi perusahaan teknologi. Bartz menjadi sosok yang disalahkan atas kinerjanya," ujar Jordan Rohan, salah seorang analis seperti dikutip The New York Times.

Mantan Chief Executive Officer (CEO) ini dikatakan para analis menghadapi masa-masa sulit Yahoo! Inc sepanjang karirnya di perusahaan tersebut. Kebijakan-kebijakannya dianggap tidak memberikan jalan keluar.

Setelah empat tahun mengakuisisi Delicious, Yahoo! menghentikan layanan MyWeb pada 13 Februari 2009. Dua bulan kemudian, Yahoo! menutup Geocities, yang telah dibeli sebesar USD 2,9 Miliar pada 1999. Lalu April 2009, Yahoo! mengumumkan penurunan laba sebesar 78 persen dan memecat karyawannya sebanyak 5 persen. Pada 29 Mei 2009, Yahoo! menutup situs sosial Yahoo 360. Desember 2010, Yahoo! kembali memecat 600 orang karyawannya.

Awal tahun 2011, Bartz mengakui kerjasama dengan Microsoft tidak membuat Yahoo! memperoleh pendapatan yang diharapkan. Kemudian pada bulan Mei, investor Yahoo! terkejut karena Alibaba mengubah layanan online payment-nya, yang berakibat pada pengurangan nilai investasi Yahoo! pada perusahaan China tersebut.

"Dia tidak melakukan apapun dalam mengubah keuntungan perusahaan," tambah Larry Magid, seorang analis teknologi dari perusahaan CNET. Namun, meskipun pemecatan Bartz disambut baik oleh investor, sejumlah analis menyayangkan Yahoo! melakukan pemecatan tanpa mempersiapkan CEO permanen terlebih dahulu.

Dewan Direksi Yahoo! Inc malah menunjuk Timothy Morse yang selama ini menjabat sebagai Chief Financial Officer (CFO) Yahoo! Inc untuk menggantikan Bartz sebagai CEO Interim, sampai Yahoo! mendapatkan CEO permanen yang baru. Perusahaan ini mengumumkan rilis reorganisasi kepemimpinan perusahaan, pada 6 September 2011 waktu setempat melalui web resmi mereka.

Menyusul pemberhentian Bartz, Dewan Direksi Yahoo! Inc akan membentuk Dewan Pimpinan Eksekutif yang bertugas mendukung Morse dalam mengelola operasional perusahaan sehari-hari. Dewan Pimpinan Eksekutif akan melakukan tinjaun strategis yang komprehensif untuk mendukung pertumbuhan perusahaan di masa depan.

Dewan Pimpinan Eksekutif selain Morse, akan terdiri dari Michael Callahan (Executive Vice President, General Counsel and Secretary); Blake Irving (Executive Vice President and Chief Product Officer); Ross Levinsohn (Executive Vice President, Amerika); Rich Riley (Senior Vice President dan MD, EMEA Region); dan Rose Tsou (Senior Vice President, APAC Region). David Filo dan Jerry Yang, Co-founder Yahoo! Inc akan menjadi penasehat tim ini.

Berita tentang dipecatnya Carol Bartz menyebar pagi ini karena ia mengirimkan email kepada stafnya melalui iPhone. Ia mengaku dipecat melalui telepon. Email tersebut kemudian dikutip beberapa situs berita online (Yahoo! Inc, The New York Times, ABC News)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com