Google Jadikan Chrome sebagai "Market Place"

Kompas.com - 14/09/2011, 17:14 WIB
EditorTri Wahono

JAKARTA, KOMPAS.com - Rencana Google Inc menggarap pasar e-commerce di Indonesia benar-benar diwujudkan dengan menggelar kampanye pertama di Indonesia. Raksasa mesin pencari virtual itu mengkampanyekan Chrome, mesin perambah internet yang diluncurkan sejak tiga tahun silam.

Google Chrome sendiri merupakan mesin perambah open source yang ditawarkan secara gratis. Henky Prihatna, Konsultan Google Indonesia, mengatakan, Chrome memungkinkan Google menjangkau pengguna komputer dan handset lebih luas lagi.

"Chrome akan terkoneksi dengan application market, jadi banyak pihak bisa memanfaatkan Chrome sebagai market place," ujar Henky, Selasa (13/9/2011) di Jakarta. Pada akhirnya, hal ini akan mendongkrak pengguna Google.

Sebelum mengkampanyekan Chrome, Maret lalu Google pun melansir mesin pencari Google Voice Search bahasa Indonesia dan merilis Google Traffic pada bulan April.

Juli silam Eric E Schmidt, Executive Chairman Google pun telah menemui Wakil Presiden Boediono untuk membicarakan rencana investasi di Indonesia dalam bidang platform usaha kecil menengah (UKM). Yopie Hidayat, Juru Bicara Wapres, pernah mengatakan, Google berencana investasi sekitar 100 juta dollar AS.

Sayang, Henky enggan berkomentar soal proses investasi ini. Yang jelas menurutnya populasi Indonesia yang mencapai 240 juta jiwa menjadi potensi besar bagi perkembangan pengguna internet. Myriam Boublil, Kepala Komunikasi Google Asia Tenggara pun mengamini hal itu. "Pengguna internet di Asia Tenggara paling pesat di Asia Pasifik," katanya.(Kontan/Gloria Haraito)

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X