Jangan Pilih Es Krim Saat Berkencan

Kompas.com - 16/09/2011, 09:35 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Menyeruput secangkir cokelat hangat sambil berselimut tebal saat hujan turun pastinya sangat nikmat. Atau mandi dengan air hangat usai menghadapi situasi kantor yang menyebalkan, pasti sangat menyegarkan. Hal ini membuktikan bahwa suhu hangat bisa menjadi kunci untuk menghangatkan perasaan dan menenangkan hati.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Ijzerman dan Semin, penulis buku The Thermometer of Social Relations: Mapping Social Proximity on Temperature, menunjukkan adanya hubungan antara kehangatan fisik dengan kehangatan psikologis. Sebagai contohnya, duduk di sebuah ruangan yang hangat bisa membuat Anda dan pasangan lebih dekat satu sama lainnya.

Hal ini juga diperkuat oleh pernyataan William dan Bargh dalam bukunya yang berjudul Experiencing Physical Warmth Promotes Interpersonal Warmth. Menurut mereka, minum secangkir kopi panas bisa membantu Anda lebih tenang dan bersikap lebih baik. Secangkir kopi panas juga bisa membuat Anda dan pasangan lebih nyambung dan santai saat berkencan. Penelitian ini mengungkapkan bahwa bagian otak yang sama bereaksi terhadap kehangatan fisik yang berimbas pada kehangatan psikologis.

Kehangatan psikologis bisa membuat Anda merasa tenang dan lebih baik. Hal inilah yang kemudian akan memberikan suatu perasaan nyaman dan tenang ketika sedang ngobrol dengan si dia. Suasana hangat dan ketenangan hati membantu Anda untuk bersikap lebih baik di hadapan pasangan, sehingga si dia makin terpikat.

Namun, hal kebalikannya pun berlaku juga. Perasaan yang dingin, yang disebabkan oleh sesuatu yang dingin seperti memegang es batu, akan berpengaruh pada perasaan hati seseorang. Orang yang merasa kedinginan akan merangsang jaringan saraf dan bagian otak lainnya sehingga menciptakan perasaan sendirian dan diacuhkan orang lain. Faktanya, membuat orang dalam suasana "dingin" cenderung lebih memberikan efek negatif daripada saat merasakan hangat dan dicintai.

Maka, akan lebih baik jika Anda mengajak pasangan berkencan dan menikmati kopi dibanding dengan menikmati es krim. Namun, hal ini tidak berarti bahwa semangkuk es krim yang menyegarkan selalu berdampak negatif pada pasangan. Sah saja jika ingin menikmati es krim saat kencan, karena dinginnya es krim malah bisa mendinginkan suasana hati yang sedang panas. Seperti yang diungkapkan Wang dan Anderson, penulis buku Is The Curve Relating Temperature to Aggression Linear Or Curvilinear?, bahwa suhu panas dalam diri seseorang bisa saja berhubungan dengan perilaku agresif seseorang. Jika mengalami hal ini, maka es krim bisa saja mendinginkan suasana dan hati-nya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.