Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Borong Lagi Seribu Paten IBM

Kompas.com - 16/09/2011, 14:00 WIB

KOMPAS.com - Perang paten di industri teknologi informasi dan telekomunikasi tampaknya masih terus berlangsung. Google sebagai salah satu pemainnya kembali membeli amunisi baru dalam rangka memperkuat portofolionya di masa depan dari gugatan pesaing-pesaingnya.

Kali ini, Google membeli lebih dari 1.000 paten milik IBM. Ini bukanlah pembelian yang pertama karena pada Juli 2011, Google juga sudah membeli lebih dari 1.000 paten IBM. Kebanyakan dari paten tersebut berasal dari IBM dan sebagian kecil berasal dari Cognos, sebuah perusahaan yang diakusisi oleh IBM di tahun 2007 yang lalu. Hal ini dilaporkan pertama kali oleh Seo By The Sea.

Dengan pembelian paten IBM untuk kedua kalinya ini ditambah dengan kemungkinan berhasilnya akuisis Google terhadap Motorola Mobility, diperkirakan portofolio paten Google akan menggelembung mencapai paling tidak 27.000 paten.

Seperti transaksi sebelumnya di bulan Juli, nilai pembelian paten IBM ini tidak disebutkan. Paten yang dibeli oleh Google menurut SEO By The Sea berada di bidang desktop and server hardware, computer security, database processes, circuit design, parallel database systems and architecture, user authentication, creditcard/smartcard testing, dan masih banyak lainnya.

Sebuah paten yang menarik adalah tentang System And Method For Disambiguating Entities In A Web Page Search yang merupakan penemuan bersama Ramanathan Guha. Ramanathan Guha bekerja selama tiga tahun di IBM kemudian pindah ke Google di tahun 2005. Di Google, ia bekerja pada Google Custom Search dan merupakan orang yang berada di belakang Google trust rank yang memainkan peran dalam pemeringkatan penulis/penghasil konten di tempat-tempat seperti Google+ dan mungkin juga dalam hasil pencarian web.

Hal ini menandakan Google tidak hanya fokus dalam membeli paten yang terkait dengan smartphone atau tablet, tetapi juga yang terkait dengan mesin pencari untuk memantapkan posisi mereka di mesin pencari.

Tampaknya setelah kekalahan Google dalam lelang paten Nortel, Google terus berupaya menambah portofolio paten mereka. Sejauh ini IBM merupakan penyumbang portofolio paten terbesar (sebelum Motorola disetujui akuisisinya) bagi Google.

Beberapa paten IBM yang dibeli Google sangat terkait dengan industri smartphone seperti:

1. Coordination Of Cellular Telephones In A Residential Area To Obviate Need For Wired Residential Service

2. Method And System For Efficient And Reliable Mac-Layer Multicast Wireless Transmissions

3. System And Method Of Making Location Updating Management On A Mobile Station, Mobile Station And Mobile Network

4. Telephone Information Service System

Beberapa hari yang lalu Google mentransferkan 9 paten yang juga baru dimilikinya dalam beberapa waktu terakhir ke HTC guna membantu HTC dalam melakukan klaim pelanggaran paten kepada Apple Inc. Sejauh ini, Google terus mengupayakan perlidungan bagi vendor Android seperti yang pernah dikatakan oleh Eric Schmidt beberapa waktu yang lalu.(Kompasiana/Kimi Raikko)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com