Menjajal PS Vita di Tokyo Game Show

Kompas.com - 18/09/2011, 17:14 WIB
EditorPepih Nugraha

 TOKYO, KOMPAS.com - Bagi para gamers, Tokyo Game Show (TGS)  ibarat festival hari raya yang wajib didatangi. Lebih dari 140 stand perusahaan game di Jepang turut tampil dan aneka ragam judul permainan baru diluncurkan. Berjuta kejutan menanti para gamers di ajang permainan elektronik terbesar Jepang, yang diadakan di Makuhari Messe, Tokyo, pada tanggal 15-18 September 2011.

Junanto Herdiawan, Kompasianer yang tinggal di Tokyo melaporkan di Kompasiana, persinggungannya dengan “game industry” telah dimulai sejak sekolah dasar. Saat itu ia dibelikan ayahnya permainan game watch dari Nintendo. Dan sejak itu lah ia menjadi seorang  game addict. "Tiada hari tanpa main game. Konsol permainan juga terus berubah sesuai dengan zaman. Baru setelah bekerja dan memiliki anak, waktu saya bermain game banyak berkurang," katanya.

Namun demikian hal itu tidak mengurangi minat Junanto pada berbagai game atau permainan elektronik yang terus berkembang, mulai dari permainan individu hingga ke tipe permainan “social gaming” saat ini. Saat Tokyo Game Show 2011 diselenggarakan, semangat gamer Junanto pun bangkit kembali. Bersama anaknya (yang sekarang menjadi gamer) Junanto menuju arena TGS 2011.

"Sebenarnya saya agak pesimis TGS akan diselenggarakan pada tahun ini. Hal itu mengingat bahwa pascagempa dan tsunami, banyak event internasional yang dibatalkan di Jepang. Namun ternyata TGS tahun ini tetap diselenggarakan, meski dengan berbagai keterbatasan. Beberapa lift dan escalator nampak dimatikan dan penggunaan listrik dikurangi sekitar 25% sehingga di beberapa sudut terlihat gelap," tulis Junanto.

Industri game Jepang saat ini memang mengalami pukulan yang berat sejak krisis global, terutama setelah bencana alam  Maret 2011 lalu. Banyak pengamat memperkirakan bahwa industri game Jepang akan mati.

13162986312104193514

Stand Sony dengan PS Vita sebagai unggulan / photo Junanto

Namun realitanya tidak demikian. Setidaknya apa yang disaksikan Junanto di TGS 2011 kemarin. Di ajang itu, industri game Jepang masih mengeliat dan menunjukkan giginya. Pihak Sony misalnya, kemarin terlihat mendominasi ajang pameran dengan produk terbarunya Play Station Vita. Ini adalah versi terbaru dari Play Station Portable, yang akan diluncurkan secara resmi pada 17 Desember 2011.

Sony memang mendominasi TGS kali ini. Mereka menggelar lebih dari 80 kios demo untuk PS Vita. Para pengunjung begitu antusias ramai mengantri di kios tersebut guna mencoba PS Vita pertama kalinya. 

Penasaran dengan penampilan PS Vita, ikuti laporan lengkap Junanto dari Tokyo, sedangkan foto-foto hasil jepretannya sebagian bisa langsung dinikmati di halaman ini. 

13162987931692965869

Tokyo Game Show 2011 / photo Junanto

13162988921883256991

Dragon Dogma, game terbaru dari Capcom / photo Junanto

 

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X