Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produk Apple Juga Akan Diproduksi di Brazil

Kompas.com - 20/09/2011, 06:22 WIB

SAO PAULO, KOMPAS.com - Produk-produk Apple bakal untuk pertama kalinya diproduksi di luar China karena kabarnya kini sedang dipersiapkan pabrik pertama di Brazil. Namun, hingga kini, belum ada pernyataan resmi dari Apple maupun Foxconn yang menjadi produsen utama produknya di China.

Foxconn merupakan perusahaan yang berasal dari Taiwan, yang beroperasi di Shenzhen, Cina. Foxconn selama ini memproduksi produk-produk Apple, terutama iPod dan iPad. Namun, biaya tenaga kerja yang meningkat dapat menyebabkan Foxconn memilih lokasi lain.

Pembangunan pabrik Apple di Brazil disinyalir mendapat bantuan dana dari pemerintah Brazil. Aloízio Mercadante, Pejabat Brazil dalam bidang Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Inovasi mengatakan dalam dengar pendapat di senat Brazil pekan lalu bahwa pabrik tersebut sudah mulai memproduksi iPod, dan iPad akan segera menyusul.

"Untuk pertama kalinya perusahaan Apple akan memproduksi iPad di luar teritori China. Ini kemajuan teknologi digital yang sangat besar bagi negara ini," ujar Aloizio. Menurutnya, Pemerintah Brasil ingin mendorong investasi yang lebih besar di bidang teknologi untuk mencegah negara itu menjadi terlalu tergantung pada ekspor komoditas.

Foxconn juga dikabarkan akan menginvestasikan 12 juta dollar AS untuk pembangunan pabrik di Brazil. Dana itu akan digunakan untuk pajak, infrastruktur broadband, dan pengeluaran lain. Produksi iPad akan selesai pada Bulan Desember dan sudah bisa didistribusikan untuk kebutuhan dalam negeri terlebih dahulu.

Namun, Apple belum mengeluarkan pernyataan resmi mengenai hal ini dan enggan memberikan komentar terhadap pemberitaan yang telah beredar.(PC Magazine/The Telegraph)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com