Samsung Gugat Balik Apple di Australia

Kompas.com - 20/09/2011, 11:10 WIB
EditorTri Wahono

SYDNEY, KOMPAS.com — Samsung Electronics Co membalas tuntutan Apple Inc terkait sengketa hak paten produk dengan mengajukan tuntutan balik di pengadilan Australia. Dalam tuntutannya, Samsung menuduh Apple melanggar hak paten nirkabelnya dalam produk iPad dan iPhone.

Langkah ini dilakukan setelah bulan lalu Samsung menunda peluncuran komputer tablet terbaru Galaxy di Australia akibat sengketa dengan Apple. Gara-gara gugatan Apple, Samsung tidak bisa menjual tablet Galaxy Tab di negara tersebut.

Dalam serangan balik itu Samsung menganggap Apple melanggar tujuh paten Samsung terkait standar nirkabel di iPhone 3G, iPhone 3GS, iPhone 4, dan iPad 2.

Tak hanya di Australia, Samsung juga sedang bersengketa dengan Apple di Korea Selatan, Jepang, dan Jerman. Sebelumnya, Apple menuntut Samsung dengan tuduhan produk Galaxy telah menyalin desain dan tampilan produk milik Apple.

Pada awal bulan ini, Apple memenangkan kasusnya di Jerman dengan melarang Samsung dilarang menjual tablet Galaxy 10.1 di Jerman. Rencananya, Samsung akan mengajukan banding atas keputusan pengadilan Jerman tersebut. (Kontan/Rizki Caturini)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.