Tablet Windows Tak Akan Dukung Flash

Kompas.com - 20/09/2011, 11:43 WIB
EditorTri Wahono

KOMPAS.com — Pengguna perangkat tablet yang menggunakan Windows 8 tidak akan bisa menggunakan menjalankan konten Flash untuk multimedia, video, dan game. Microsoft sudah menetapkan untuk tidak menggunakan Flash di web browser Windows 8 yang bekerja dengan Metro Interface.

Meski demikian, Microsoft hanya menghentikan dukungan untuk Flash pada Metro Interface pada tablet. Pengguna Windows 8 yang menggunakan versi Desktop Interface dan browser Internet Explorer di desktop masih bisa menambahkan Flash sebagai plug-in pada browser.

Dihilangkannya Flash dalam web browser tablet ditulis oleh perwakilan Microsoft dalam blog resmi mereka, yakni bertujuan untuk menghemat penggunaan baterai tablet. Dean Hachamovitch, kepala pengembangan Internet Explorer di Microsoft, yang menulis tentang hal ini mengatakan, IE 10 pada Metro Interface tak lagi menggunakan plug-in seperti Flash.

"Menghapus plug-in akan berarti hidup baterai yang lebih lama pada tablet, melindungi privasi, dan meningkatkan keamanan," ungkapnya dalam tulisan tersebut. Sebagai gantinya, Microsoft berkonsentrasi pada versi terbaru dari teknologi web HTML 5.

Keputusan Microsoft disinyalir mengikuti jejak Apple dan Google. Sebelumnya Apple juga sudah lebih dulu menyatakan tidak akan menggunakan Adobe Flash untuk iPad dan MacBook. Steve Jobs, CEO Apple saat itu, bahkan pernah mengeluarkan pernyataan pada April 2010 bahwa Flash adalah alasan nomor satu yang membuat Mac mengalami crash.

Menanggapi pernyataan Microsoft, Danny Winokur mewakili Adobe Flash dalam blog resmi mereka juga menulis bahwa Flash berharap desktop Window (termasuk Windows 8) akan tetap populer selama bertahun-tahun sehingga akan terus mendukung penggunaan Flash. "Kami berharap, aplikasi berbasis Flash akan hadir dalam Metro Interface melalui Adobe AIR, seperti yang telah terjadi pada Android, iOS, dan BlackBerry OS saat ini," tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.