Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tablet Windows Tak Akan Dukung Flash

Kompas.com - 20/09/2011, 11:43 WIB

KOMPAS.com — Pengguna perangkat tablet yang menggunakan Windows 8 tidak akan bisa menggunakan menjalankan konten Flash untuk multimedia, video, dan game. Microsoft sudah menetapkan untuk tidak menggunakan Flash di web browser Windows 8 yang bekerja dengan Metro Interface.

Meski demikian, Microsoft hanya menghentikan dukungan untuk Flash pada Metro Interface pada tablet. Pengguna Windows 8 yang menggunakan versi Desktop Interface dan browser Internet Explorer di desktop masih bisa menambahkan Flash sebagai plug-in pada browser.

Dihilangkannya Flash dalam web browser tablet ditulis oleh perwakilan Microsoft dalam blog resmi mereka, yakni bertujuan untuk menghemat penggunaan baterai tablet. Dean Hachamovitch, kepala pengembangan Internet Explorer di Microsoft, yang menulis tentang hal ini mengatakan, IE 10 pada Metro Interface tak lagi menggunakan plug-in seperti Flash.

"Menghapus plug-in akan berarti hidup baterai yang lebih lama pada tablet, melindungi privasi, dan meningkatkan keamanan," ungkapnya dalam tulisan tersebut. Sebagai gantinya, Microsoft berkonsentrasi pada versi terbaru dari teknologi web HTML 5.

Keputusan Microsoft disinyalir mengikuti jejak Apple dan Google. Sebelumnya Apple juga sudah lebih dulu menyatakan tidak akan menggunakan Adobe Flash untuk iPad dan MacBook. Steve Jobs, CEO Apple saat itu, bahkan pernah mengeluarkan pernyataan pada April 2010 bahwa Flash adalah alasan nomor satu yang membuat Mac mengalami crash.

Menanggapi pernyataan Microsoft, Danny Winokur mewakili Adobe Flash dalam blog resmi mereka juga menulis bahwa Flash berharap desktop Window (termasuk Windows 8) akan tetap populer selama bertahun-tahun sehingga akan terus mendukung penggunaan Flash. "Kami berharap, aplikasi berbasis Flash akan hadir dalam Metro Interface melalui Adobe AIR, seperti yang telah terjadi pada Android, iOS, dan BlackBerry OS saat ini," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com