Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bill Gates, Orang Terkaya Amerika Versi Forbes 400

Kompas.com - 22/09/2011, 20:40 WIB
Ester Meryana

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com - Bill Gates menjadi orang terkaya di Amerika Serikat versi Forbes 400. Dalam situs Forbes.com disebutkan kekayaan bersih pengusaha yang putus kuliah dari Universitas Harvard ini mencapai 59 miliar dollar AS per bulan September 2011.

Seperempat dari kekayaan bersihnya berada di perusahaan teknologi yang didirikannya, Microsoft. Sisa kekayaannya, ia simpan dalam aset pribadi, saham global, obligasi, dan sejumlah perusahaan swasta.

Gates pun bukan hanya seorang pengusaha yang sekedar mencari keuntungan belaka. Ayah dari tiga orang anak ini memiliki misi utama dalam hidupnya untuk menumpas penyakit polio.

Gates sendiri telah menyumbang 28 miliar dollar AS untuk pemberantasan penyakit yang masih ada di empat negara di dunia. Di mana untuk kebutuhan vaksin saja perlu 1 miliar dollar per tahunnya. Melalui yayasannya, ia telah mengeluarkan dana mencapai 200 juta dollar AS.

Ternyata bukan hanya polio saja yang diperhatikan oleh pengusaha AS ini. Gates juga serius memerhatikan dunia pendidikan. Bantuan sebanyak lebih dari 2 miliar dollar AS telah ia gelontorkan untuk membantu sejumlah Sekolah Menengah Atas selama tahun 2000-2008.

"Saat saya mengumumkan pensiun saya pada tahun 2006, saya sedang bekerja di yayasan. Saya tertarik oleh sejumlah isu seputar ilmuwan yang menemukan vaksin, membuat benih yang lebih baik, dan bagaimana pendidikan sulit untuk dikembangkan. Saya pun melihat adanya kesulitan dana. Saat itu, tidak ada yang mau membiayai (penelitian) vaksin malaria, tidak ada yang mau membiayai vaksi tuberkolosis. Saya terpikat oleh semua itu, dan memutuskan bahwa saya sepenuhnya akan mengelola yayasan," ujar Gates seperti yang dikutip Forbes.com, Rabu (21/9/2011).

Dengan bantuan dari Warren Buffet, yang juga merupakan orang terkaya kedua di AS dalam versi yang sama, ia diyakinkan untuk menandatangani "Sumpah untuk Memberi". Di mana sumpah itu berisi janji pengusaha untuk mendonasikan sebagian besar kekayaannya untuk amal selama ia hidup ataupun setelah meninggal.

Selain Bill Gates, sembilan orang lainnya yang termasuk dalam daftar Forbes 400 yaitu Warren Buffet, Larry Ellison, Charles Koch, David Koch, Christy Walton, George Soros, Sheldon Adelson, Jim Walton, dan Alice Walton. Sumber:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com