Harga Kindle Fire Membuat Orang Tak Sabar Beli

Kompas.com - 29/09/2011, 10:27 WIB
EditorA. Wisnubrata

KOMPAS.com - Amazon akhirnya meluncurkan tablet andalannya, Kindle Fire. Peluncuran digelar Rabu (28/9/2011) serta dipandu langsung oleh CEO Amazon, Jeff Bezos. Kindle Fire dirilis dengan harga yang membuat orang tak sabar membeli, cuma 199 dollar AS atau di bawah Rp 2 juta, lebih rendah dari harga prediksi, yakni 250-300 dollar AS.

"Kita berusaha mengembangkan produk dengan kualitas premium dengan harga yang bukan premium," ungkap Bezos dalam presentasinya seperti dikutip CNET.

Kehadiran Kindle Fire menandai debut Amazon di kompetisi penjualan tablet. Rencananya, Kindle Fire sudah akan tersedia di pasaran pada 15 November mendatang. Para analis percaya, kehadiran Kindle Fire dengan harga yang jauh di bawah tablet lain, rata-rata 500 dollar AS, akan menjadi penanda kehadiran kompetitor iPad yang sebenarnya.

"Kami percaya launching ini akan meledak secara signifikan di pasar tablet dan jadi saingan penting dari iPad milik Apple," kata Adam Leach, analis dari firma Ovum.

Karena harganya lebih murah, Kindle Fire juga banyak memiliki kekurangan dibading tablet lainnya. Namun begitu, tablet ini tetap mengusung prosesor dual core. Kekurangannya adalah, tablet ini tak punya kamera, microphone dan 3G wireless access. Selain itu, kapasitas penyimpanan data tablet ini juga hanya 8 GB.

Berbasis Android, Kindle Fire akan menggunakan OS Android lama yang ditujukan untuk smartphone. Tapi, Amazon mengembangkan user interface baru untuk pengalaman berbeda. Pengguna bisa mengakses internet dengan browser Amazon Silk. Browser bisa melakukan prediksi web sehingga mendukung akses yang lebih cepat pada web yang sering dikunjungi.

Kindle Fire dijual dengan paket penawaran 30 hari free trial Amazon Prime, layanan antar 2 hari shipping dan streaming video yang aslinya berharga 79 dollar AS. Dukungan Amazon Prime membuat posisi Kindle Fire makin kuat, apalagi dengan keseriusan Amazon menggarap konten digital, mulai kontrak dengan 20 Century Fox untuk konten film hingga beragam majalah.

Dengan harga murah dan dukungan konten, Amazon membuat langkah bagus yang banyak dilewatkan oleh pesaingnya. Kalau langkah ini berhasil, boleh jadi produsen tablet lain termasuk Apple bakal kelimpungan.

Bersamaan dengan peluncuran Kindle Fire, Amazon juga merilis 3 Kindle e-reader terbarunya yang dijual mulai dari harga 79-149 dollar AS. Amazon juga mengembangkan aplikasi yang bisa dipakai di device lain sehingga kontennya bisa diakses.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.