Nilai Pasar

Pertama Kalinya, IBM Lampaui Microsoft

Kompas.com - 01/10/2011, 11:39 WIB
EditorErlangga Djumena

NEW YORK, KOMPAS.com — Untuk pertama kalinya sejak tahun 1996, International Business Machines (IBM) Inc melampaui saingannya, Microsoft Corp, dari segi nilai pasar. Hal ini dinilai sebagai salah satu sinyal bahwa industri teknologi sudah bergeser jauh dari komputer pribadi (personal computer/PC).

Sebelumnya, lebih dari setahun lalu Microsoft juga dikudeta oleh Apple Inc sebagai perusahaan teknologi yang paling besar nilai pasarnya. Microsoft mengalami puncak kejayaan pada akhir tahun 1999. Saat itu nilai pasar perusahaan yang didirikan Bill Gates itu mencapai 600 miliar dollar AS. Namun, sejak itu, nilai pasar Microsoft cenderung terus turun seiring kegagalan berbagai aksi korporasi perusahaan itu, seperti di bidang mesin pencari ataupun mobile.

Pada penutupan Jumat (30/9/2011), berdasarkan FactSet Research, nilai pasar IBM mencapai 208,84 miliar dollar AS, sedangkan Microsoft sebesar 208,54 miliar dollar AS. Sementara itu, Apple Inc kokoh di puncak dengan nilai pasar mencapai 362 miliar dollar AS.

Kenaikan harga saham IBM yang secara konsisten meningkat membuat perusahaan yang didirikan Thomas J Watson itu melampaui Microsoft. Berdasarkan data Bloomberg, nilai saham IBM secara konsisten terus meningkat, bahkan saat ini sudah naik 22 persen dibanding awal tahun 2011. Kebalikan dengan Microsoft yang cenderung turun, saat ini nilai saham yang didirikan oleh Bill Gates ini sudah melorot 8,8 persen dibandingkan dengan awal tahun.

Para analis menilai, keputusan IBM tahun 2005 untuk menjual bisnis komputer kepada perusahaan China, Lenovo, untuk terus berkonsentrasi pada perangkat lunak dan jasa merupakan faktor yang membuat IBM terus merangkak naik. "IBM melampaui teknologi. Mereka sejak dini sudah mendeteksi bahwa komputasi melaju melebihi dari hanya sekadar kotak-kotak di meja kita," ungkap Ted Schadler, seorang analis riset Forrester kepada Bloomberg.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.