Tiap 1 Kindle Fire, Amazon Rugi 10 Dollar AS

Kompas.com - 03/10/2011, 15:14 WIB
EditorTri Wahono

KOMPAS.com — Setiap penjualan satu Kindle Fire, Amazon ternyata tak langsung menuai keuntungan, tetapi justru merugi sebesar 10 dollar AS. Pasalnya, produksi Kindle Fire per unit ternyata berbiaya 210 dollar AS, sementara harga jualnya hanya 199 dollar AS.

Sebuah perusahaan peneliti pasar, IHS iSuppli, menganalisis bahwa untuk membuat satu Kindle Fire, Amazon merogoh 191,65 dollar AS hanya untuk perangkat kerasnya. Total tepatnya termasuk biaya produksi dan lainnya mencapai 209,63 dollar AS.

Lalu, bagaimana Amazon mendapatkan untung? Seperti yang diprediksikan sebelumnya, Kindle Fire tidak dijual sebagai perangkat semata. Amazon merancang Kindle Fire sebagai perangkat untuk mengakses konten digital Amazon, yang ditargetkan menjadi sumber utama keuntungan.

Jadi, kalau diibaratkan, maka seorang pembeli Kindle Fire harus menghabiskan uang lebih dari 10 dollar AS sehingga keuntungan bisa didapatkan. Jumlah yang masuk akal, atau bahkan mungkin terlalu rendah, sebab pengguna pasti akan menghabiskan lebih selama bertahun-tahun.

Hampir pasti, Amazon takkan rugi besar secara riil. IHS iSuppli membuat pernyataan bahwa daya tarik Kindle Fire justru pada apa yang akan didapat dengan perangkat tersebut. Jadi, seperti supermarket saja, Kindle Fire membuat pengguna mendapat barang, sementara penyedia konten mendapat keuntungan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.