Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/10/2011, 06:31 WIB
EditorTri Wahono

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com — Generasi terbaru smartphone buatan Apple yang ditunggu-tunggu selama beberapa minggu terakhir ternyata bukan iPhone 5. Tak ada model baru dengan layar lebih lebar atau desain lebih tipis dari iPhone 4 seperti yang dirumorkan. Apple mengumumkan produk terbarunya itu, iPhone 4S, dalam konferensi pers di Cupertino, California, AS, Selasa (4/10/2011).

iPhone 4S merupakan produk pertama yang diluncurkan Apple di bawah kepemimpinan Tim Cook sebagai CEO menggantikan Steve Jobs. Steve Jobs tak muncul sama sekali di panggung. Tim Cook membuka acara dengan memamerkan pencapaian Apple sebelum iPhone 4S diumumkan di puncak acara.

Secara tampilan, sama saja dengan iPhone 4 yang sudah beredar selama hampir setahun dengan ukuran layar dan ketebalan yang sama. Namun, fitur-fiturnya baru, lebih baik dari pendahulunya itu. iPhone 4S menggunakan prosesor dan kartu grafis dual core dengan chip Apple A5 seperti yang digunakan iPad 2 sehingga memberikan kinerja dua kali lipat dan pengalaman akses multimedia tujuh kali lebih kencang.

Kamera iPhone terbaru sesuai prediksi, yakni dengan sensor 8 megapiksel yang menghasilkan gambar dengan ukuran maksimum 3.264 x 2.448 piksel. Yang menarik, dapat merekam video dengan kualitas HD 1080p. Produk ini menggunakan Image Signal Processor baru yang dirancang Apple untuk melakukan pengenalan wajah dan pengenalan white balance 26 persen lebih baik. Lensanya tersusun dari lima lapis sehingga menghasilkan gambar 30 persen lebih tajam dan dilengkapi filter inframerah untuk menghasilkan warna lebih alami. Cuma butuh 1,1 detik untuk pengambilan gambar pertama kali.

Koneksi jaringannya mendukung GSM dan CDMA sekaligus sehingga memberi kemudahan lebih luas kepada pengguna untuk memilih layanan yang diinginkan. iPhone 4S juga sudah langsung menggunakan iOS 5 yang hadir dengan fitur-fitur baru. Kemampuan akses data dengan high speed downlink packet access (HSDPA) juga ditingkatkan dari maksimum 7,2 Mbps di iPhone 4 menjadi 14,4 Mbps di iPhone 4S. iPhone 4S belum mendukung teknologi 4G LTE.

Ini akan menjadi smartphone pertama yang mendukung fitur voice recognition yang diberi nama Siri. Pengguna dapat memberikan perintah ke berbagai menunya seperti memainkan musik, navigasi GPS, dan pencarian kontak. Siri dirancang menjadi asisten pribadi yang membantu pengguna menjawab pertanyaan-pertanyaan secara langsung.

iPhone 4S akan tersedia mulai 14 Oktober 2011 dengan model putih dan hitam dengan harga 199 dollar AS untuk versi 16 GB, 299 dollar AS untuk 32 GB, dan 399 dollar AS untuk 64 GB. Semuanya tentu untuk pembelian dengan kontrak langganan paket data dua tahun di AS. Apple menambah saluran distribusi di AS melalui Sprint Nextel selain AT&T dan Verizon Wireless. Selain AS, pada debut pertama juga akan tersedia di Kanada, Australia, Inggris, Perancis, Jerman, dan Jepang. Menyusul 24 negara lainnya pada 28 Oktober 2011.

Kehadiran iPhone 4S juga bukan model lebih ekonomis seperti rumor yang beredar sebelumnya. Namun, yang pasti strategi Apple tetap sama, yakni begitu produk baru hadir, model yang lama turun harga. iPhone 3GS model 8 GB bahkan diberikan cuma-cuma untuk pelanggan dengan kontrak dua tahun di AS, sedangkan iPhone 4 model 8 GB hanya dibanderol 99 dollar AS dengan kontrak yang sama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.