Korban Pencurian Pulsa Mulai Diperiksa Polisi

Kompas.com - 05/10/2011, 17:35 WIB
|
EditorLaksono Hari W

JAKARTA, KOMPAS.com — Polda Metro Jaya langsung menindaklanjuti laporan Mohammad Feri Kuntoro dalam kasus dugaan pencurian pulsa yang ia laporkan pada Rabu (5/10/2011) pagi.

Siang ini, Feri diperiksa penyidik Subdirektorat Cyber Crime Polda Metro Jaya. "Laporan sudah diterima, sekarang pelapor sudah langsung diperiksa di Cyber Crime," ujar Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Baharudin Djafar, Rabu sore, di Mapolda Metro Jaya.

Baharudin mengatakan, untuk menerangkan kasus dugaan pencurian pulsa ini, penyidik Cyber Crime akan memanggil penyedia layanan konten, operator seluler, dan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Sebelumnya, Feri (36), warga Matraman, menjadi satu-satunya pelapor dalam kasus dugaan pencurian pulsa oleh penyedia layanan konten. Feri merasa dirugikan setelah ia melakukan registrasi undian berhadiah Blackberry yang ditayangkan salah satu televisi swasta pada Maret 2011.

Setelah registrasi itu, Feri menerima pesan singkat dari nomor 9133 yang membuat bengkak tagihan ponsel pasca-bayarnya. Saban hari, tagihan pulsanya bertambah Rp 2.000 selama delapan bulan mulai Maret sampai Oktober 2011.

Tidak hanya itu, Feri pun mendapat nada sambung yang tidak pernah ia pesan sebelumnya. Akibat nada sambung ini, biaya tagihan ponselnya pun bertambah Rp 15.000 setiap bulan. "Total saya rugi sekitar Rp 450.000. Saya melapor ke sini supaya polisi benar-benar mengusut dan supaya hak saya sebagai warga negara dilindungi kembali. Saya merasa terganggu dengan SMS-SMS ini," kata Feri saat melakukan laporan di Sentra Pelayanan Kepolisian Polda Metro Jaya.

Baharudin mengimbau masyarakat yang merasa dirugikan agar segera melapor ke Polda Metro Jaya. Apabila korban tidak melakukan laporan, polisi akan sulit menindaklanjutinya. "Segera saja melapor ke kami kalau memang sudah meresahkan. Laporan itu akan jadi dasar kami untuk menindaklanjuti dan mencari siapa yang bertanggung jawab," kata Baharudin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.