Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presentasi Steve Jobs Selalu Menggetarkan

Kompas.com - 06/10/2011, 09:51 WIB

KOMPAS.com - Tidak hanya visioner yang cerdas menciptakan produk-produk revolusioner, pendiri Apple Steve Jobs juga dikenal sebagai komunikator dan presenter ulung. Cara dia menyampaikan pidato dan materi presentasi selalu menggetarkan dan sering menjadi contoh bagi banyak orang.

"Setiap melihat presentasi dia seperti menonton film, dari awal sampai akhir nyambung dan story-nya dapat dan dari membuka hingga menutup dengan kata-kata yang tidak mungkin dilupakan," kata Sumartok, pendiri Presentonomics, saat dihubungi Kompas.com, Kamis (6/10/2011). Presentonomics adalah startup di Indonesia yang membantu orang meningkatkan kualitas presentasi di depan publik.

Sumartok mengatakan, Steve Jobs kelihatan mempersiapkan dengan baik apa yang akan disampaikannya dan menguasai betul materinya. Misalnya, setiap kali menjelaskan produk terbaru Apple. Steve Jobs tahu persis apa produk yang dijelaskan seolah-olah seperti orang yang melahirkannya. Dia tahu apa yang harus dikatakan ke audience sehingga sesuatu yang kompleks menjadi mudah dicerna.

"Passion dia terhadap produk benar-benar total, tidak hanya jenius tapi dia juga communicator sejati," kata Sumartok. Pasalnya, apapun yang dikatakan Steve Jobs di akhir presentasi, semua orang yang hadir seperti terbius dan ingin segera memiliki produk yang baru diceritakannya.

Tidak hanya itu, pidato Steve Jobs juga selalu penuh makna. Salah satu pidatonya yang menggetarkan banyak orang adalah saat Steve Jobs tampil di Stanford University, AS tahun 2005. Di dalam pidatonya itu, Steve Jobs menyampaikan bagaimana seharusnya filosofi hidup manusia. "Dia katakan hiduplah seolah-olah besok adalah hari kematian sehingga hari ini harus melakukan yang terbaik. Itu salah satu ajaran yang berkesan banget buat saya," kata Sumartok.

Selain itu, menurut Sumartok, Steve Jobs punya semangat mengubah dunia dengan menjadikan produk IT bukan barang yang garang namun ramah dengan semua orang. Filosofi tersebut dikatakan John Sculley, mantan CEO Pepsi yang direkrut Apple tahun 1983. Saat merekrut Sculley, Jobs mengatakan, "Untuk apa hanya menjual minuman bergula kalau bisa melakukan sesuatu untuk mengubah dunia."

"Jadi Jobs memberi pesan bahwa bekerja harus memikirkan apa value buat orang di sekitar, lingkungan, dan dunia," kata Sumartok. Ia yakin banyak orang yang terinspirasi Steve Jobs, sesorang dengan passion yang kuat dan perfectionist. Salah satu semboyan yang berkesan dari Steve Jobs adalah, "Stay hungry, stay foolish!" Jangan pernah berhenti belajar dan terus berkembang terus menambah ilmu seolah-olah selalu kekurangan. Steve Jobs mungkin telah tiada, namun warisan semangatnya tetap membara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com