Tanpa Steve Jobs, iPhone 4S Tetap Berjaya

Kompas.com - 09/10/2011, 12:52 WIB
EditorInggried Dwi Wedhaswary

KOMPAS.com - Meski ditinggal oleh Steve Jobs, produk terbaru Apple, iPhone 4s yang dirilis Selasa (4/10/2011) lalu ternyata tetap berjaya. Laporan AT&T, Jumat (7/10/2011) lalu, menunjukkan, hanya dalam waktu 12 jam sejak dibuka, sudah ada 200.000 pre-order iPhone 4s yang diterima.

Verizon Wireless dan Sprint yang juga melayani pre-order iPhone 4s tidak memublikasikan datanya Jumat lalu. Namun, dari angka yang tercatat oleh AT&T, jumlah pre-order yang terjadi sebenarnya sudah besar dan masuk rekor dalam penjualan iPhone.

Besarnya jumlah pre-order ini setidaknya bisa menjadi pembuktian bagi Apple bahwa dengan atau tanpa Steve Jobs, salah satu perusahaan paling menguntungkan di Amerika Serikat itu tetap bisa berjaya. Hal ini menepis spekulasi sinis banyak analis yang meragukan kelangsungan bisnis Apple.

Belum tahu apakah penjualan iPhone 4s selanjutnya akan tetap lancar. Hal ini mungkin baru bisa diketahui setelah 14 Oktober 2011 nanti, saat iPhone 4s resmi dijual di Amerika Serikat dan enam negara besar lainnya di dunia.

Sejauh ini, di samping besarnya jumlah pre order, banyak kalangan yang kecewa dengan iPhone 4s. Secara umum, iPhone 4s tak banyak berbeda dari iPhone 4 yang dirilis tahun lalu, meski diklaim memiliki prosesor yang lebih mumpuni dan voice command disebut Siri.

iPhone 4s dijual mulai harga 199 dollar AS untuk yang bermemori 16GB hingga 399 dollar AS untuk yang bermemori 64 GB. Akankah produk ini benar-benar laris nanti? Paling tidak ada 2 kemungkinan, pertama kurang peminat karena minim improvisasi dari iPhone 4, kedua laris karena simpati atas kematian Steve Jobs.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.