Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Steve Jobs Day: 14 Oktober 2011

Kompas.com - 10/10/2011, 13:18 WIB

KOMPAS.com – Steve Jobs, pendiri dan inovator Apple yang meninggal pada 5 Oktober 2011 lalu, telah dimakamkan secara tertutup. Hanya pihak keluarga yang menghadiri pemakaman pada Jumat (7/10/2011). Hingga kini, pihak Apple Inc belum memberikan konfirmasi apakah jadi mengadakan acara yang terbuka untuk umum, untuk mengenang Steve Jobs. Peringatan tersebut malah didahului oleh fans Steve Jobs, dengan mengadakan Steve Jobs Day.

Steve Jobs Day akan diadakan 14 Oktober 2011 secara serempak di seluruh dunia melalui dunia maya. Tribute to Steve Jobs ini digagas oleh penggemar Steve Jobs dari Studiocom. Para fans ini berencana membuat satu hari khusus untuk mengenang inovator Apple yang telah menginspirasi mereka. Sebuah fan page Facebook, website, hingga Twitter telah dibuat untuk menyiarkan acara ini. Semua orang yang mengidolakan atau terinspirasi oleh Steve Jobs, boleh mengikuti acara ini dari negaranya maisng-masing.

Halaman Facebook

Dari halaman Facebook Steve Jobs Day 2011, sebanyak  2.056 orang sudah melakukan like dan 26.287 orang telah membicarakan hari tribute ini. Fan page ini menampilkan video-video inspiratif selama Steve Jobs hidup, memberi kesempatan bagi penggemar untuk menyampaikan belasungkawa, dan program Steve Jobs Day itu sendiri. Pada tanggal 14 Oktober nanti, halaman ini akan menampilkan ucapan-ucapan belangsungkawa dari para penggemar Steve Jobs.

Akun Twitter

Akun Twitter @SteveJobsDay sudah di-follow oleh 924 followers. Pada tanggal 14 Oktober mendatang, para follower akan diajak untuk melakukan tweet dengan hastag #stevejobsday yang akan di-retweet oleh akun tersebut. Isi tweet dapat berupa testimoni tentang kinerja Steve Jobs di Apple yang menginspirasi, bisa pula menceritakan tentang poduk Apple favorit, tentang produk Apple pertama yang dimiliki, alasan mengapa mengagumi Steve Jobs, atau bagaimana Steve Jobs menginspirasi hidup.

Alamat Website

Alamat website http://www.stevejobsday2011.com/ didedikasikan untuk Steve Jobs Day. Dalam website, dijelaskan bagaimana acara Steve Jobs Day ini digelar. Juga disebutkan di sana, bagi penggemar Steve Jobs yang ingin mengirimkan e-mail belasungkawa, yang memang disediakan oleh Apple, tinggal meng-klik link yang telah disediakan. Selain itu, alamat web ini juga memberikan kesempatan bagi yang ingin melakukan melakukan donasi untuk penderita kanker, sebagai penghargaan kepada Steve Jobs yang meninggal akibat kanker pankreas. Link donasi ada dalam website tersebut.

Tampil Seperti Steve

Pada tanggal 14 Oktober nanti, para penggemar Steve bisa berpenampilan seperti Steve Jobs dengan mengenakan kaus hitam dan celana jeans biru. Foto-foto diharapkan dipasang pada profil picture Facebook atau di-tag ke halaman Steve Jobs Day 2011. Foto juga bisa di-tweet ke akun Twitter @SteveJobsDay. Semua foto akan ditayangkan di akun Twitter, halaman Facebook, dan website pada tanggal 14 Oktober 2011.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com