Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Hantu Air Terjun Pinasungkulan

Penampakan Hantu Sudah Dianggap Biasa

Kompas.com - 11/10/2011, 05:05 WIB

MANADO, KOMPAS.com — Waktu sudah menunjukkan pukul 17.00 Wita, Minggu (9/10/2011), saat Tribun Manado melintasi jalan masuk menuju lokasi tambang PT Meares Soputan Mining, Minahasa Utara. Kondisi jalan yang rusak dan lokasi sepanjang jalan yang dikelilingi hutan lebat cukup membuat bulu kuduk berdiri.

Tribun Manado mengunjungi langsung lokasi Air Terjun Pinasungkulan di Minahasa Timur, Sulawesi Utara. Kunjungan ini diadakan setelah beredarnya tayangan video Youtube yang diduga merekam penampakan di lokasi yang sebelumnya juga menggegerkan warga.

Tanpa terasa sudah 3 kilometer dari desa terdekat, yaitu Desa Winuri, dan kami akhirnya tiba di depan pos penjagaan lokasi masuk tambang PT Meares Soputan Mining (PT MSM). Sejumlah karyawan yang baru selesai tugas menunggu jemputan bus karyawan. Dua sekuriti berjaga di pos.

Kami pun terlibat perbincangan diselingi tawa. Namun, ketika Tribun Manado menanyakan soal hantu di air terjun, sontak kondisi berubah tegang. Sambil melihat jam tangan, salah seorang petugas kepolisian yang bertugas jaga di lokasi tambang ini memperingatkan agar tidak berlama-lama berada di lokasi ini.

"Kalau bisa, sebelum pukul enam sore sudah tinggalkan tempat ini karena kami tidak bisa jamin keselamatan jika pulang sudah malam," ujarnya.

Sedikit kaget juga mendengar jawaban petugas tersebut. Belum sempat bertanya mengapa, petugas itu kemudian melanjutkan bahwa di sekitar lokasi tambang MSM memang ada sosok hantu wanita yang sering gentayangan. "Wanita itu adalah putri yang menjadi penunggu dan penguasa wilayah ini," ujarnya datar.

Pernyataan petugas ini juga ikut dibenarkan salah seorang karyawan wanita lainnya. "Hantu putri ini selalu mendatangi setiap pos yang ada di lokasi ini. Semua karyawan sudah pernah melihatnya," ungkap karyawati yang menolak namanya ditulis.

Wujud hantu perempuan ini menurutnya berambut panjang dan menggunakan pakaian putih panjang. "Biasanya dia keluar saat menjelang malam. Kalau siang tidak ada," ujar karyawati tersebut.

Awalnya semua karyawan selalu dibuat takut dengan penampakan hantu wanita ini, tetapi lama-kelamaan mereka mengaku makin terbiasa.

"Dia selalu muncul di lokasi tambang dan di pos-pos tugas karyawan. Bahkan, di sepanjang jalan dari lokasi masuk sampai pos penjagaan juga sering muncul," ujar petugas polisi tadi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com