Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demo Animasi 3D di Opera 12 Versi Alpha

Kompas.com - 12/10/2011, 06:22 WIB

OSLO, KOMPAS.com - Setelah meluncurkan Opera versi 11.50 untuk komputer desktop pada Juli lalu, Opera memperkenalkan pengembangan dari desktop browser mereka yakni Opera 12 versi Alpha. Perkenalan versi pertama (alpha) Opera 12 ini dilakukan dalam pertemuan Up North Web 2011 yang berlangsung di Holmenkollen Oslo Norwegia, Selasa (11/10/2011) waktu setempat.

Opera 12 versi alpha, yang sedianya akan dapat diunduh di website resmi Opera mulai Kamis (13/10/11) waktu Oslo atau Jumat WIB, mengusung sejumlah perbaikan dibanding versi sebelumnya. Beberapa di antaranya adalah versi alpha terbaru ini telah mendukung akselerasi hardware untuk standar Web GL 3D, serta akses pada webcam langsung dari browser mengunakan HTML5.

Untuk membuktikan dukungan terhadap akselerasi hardware WebGL, sejumlah demo kemampuan Opera 12 dipertunjukkan selama event berlangsung. Demo tersebut di antarnya adalah animasi 3D Formula 1, game Angry Birds serta video game Rage pada browser dengan platform iOS.

Pada saat presentasi, Chief Development Officer Opera Christian Krogh juga sempat memamerkan bagaimana Opera 12 ke depan dapat terhubung langsung dengan kamera untuk menampilkan dan mengambil gambar, menyimpan serta membagikanya (sharing).

Hal lain yang dapat ditemukan pada versi alpha ini adalah penambahan drop down menu pada address bar sehingga pengguna dapat menambahkan URL secara langsung pada Speed Dial di home screen. Perbaikan juga ditambahkan pada pengaturan theme, di mana user kini dapat dengan mudah mengaplikasikan gambar yang lebih besar untuk dijadikan skin atau latar belakang browser.

Menurut Krogh, versi final dari Opera 12 menurut rencana diluncurkan pada akhir tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com