SparxUp Awards 2011, Makin Ramai Makin Orisinal - Kompas.com

SparxUp Awards 2011, Makin Ramai Makin Orisinal

Kompas.com - 12/10/2011, 08:32 WIB

KOMPAS.com - SparxUp Award adalah sebuah penghargaan yang diberikan bagi startup lokal terbaik, kompetisinya kembali diadakan tahun ini. Tahun ini, SparxUp Award mengusung tema "Innovate or Die", menggarisbawahi tujuan untuk membidik karya startup yang orisinal. Kompas.com menjadi salah satu penyelenggara event yang tahun ini masuk tahun kedua.

SparxUp Awards tahun ini makin ramai dengan semakin banyaknya peserta. "Jumlah karya awal yang kita terima ada 167 peserta. Dari seleksi awal, akhirnya kita pilih 129 peserta. Tahun lalu jumlahnya hanya 126, jadi tahun ini mengalami peningkatan," kata Herman Kwok, salah satu chairman SparxUp Awards 2011.

Dari sejumlah peserta, peningkatan yang paling tajam adalah pada kategori mobile. Herman mengatakan, dari 129 peserta, terdapat 23 peserta yang karyanya masuk dalam kategori mobile. Dengan demikian, jumlah karya dalam kategori ini hampir 20% dari total peserta, meningkat dari hanya 10% pada SparxUp tahun lalu.

Sebelum proses penutupan registrasi yang sebenarnya ditutup 2 Oktober, banyak peserta yang mengirim e-mail dan menelepon meminta perpanjangan waktu. Untuk menampung usulan peserta, akhirnya registrasi diperpanjang hingga Minggu, 9 Oktober 2011 lalu. Sejak 10 Oktober kemarin hingga 14 Oktober 2011, penjurian karya akan dilakukan.

Selain makin ramai, karya-karya peserta SparxUp tahun ini juga makin orisinal. "Karya-karya peserta lebih orisinal dan lebih berkualitas dari tahun lalu. Ini dilihat dari sisi ide, desain, dan kesiapan. Maksudnya, tahun lalu ada beberapa karya yang belum siap 100%, tahun ini karya yang masuk, sudah final," lanjut Herman.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Danny Oei dari Mindtalk yang juga turut andil dalam kompetisi ini. Ia mengatakan, "Ada banyak karya-karya yang bagus dan berpotensi untuk dikembangkan dan di-monetize. Secara umum lebih baik dari tahun lalu. Pada akhirnya nanti balik lagi pada bagaimana para startup menjalaninya."

Melihat karya-karya yang masuk, Danny melihat ada beberapa trend karya peserta. Untuk kategori mobile apps, ada trend pengembangan mobile apps berbasis Android, seiring dengan berkembangnya platform Android itu sendiri. Sementara untuk website, ada trend pengembangan di e-commerce dan social media.

Karya-karya peserta selama penjurian akan dinilai berdasarkan konsep, keunikan, potensi implementasi, dan potensi untuk dikembangkan. Dalam proses penjurian akan dilakukan proses pitching dimana peserta harus mempresentasikan karyanya dalam waktu lima menit di depan panelis serta reserve pitching dimana Ventures Capital akan mempresentasikan kebutuhannya.

Dari 129 peserta, nantinya akan dipilih 1 pemenang Best Rising StartUp dan Best Most Promising StartUp. Selain itu, akan ada pula 27 pemenang dari 8 kategori, 3 untuk masing-masing kategori. Ada 2 sub kategori pada mobile apps, meliputi Android dan non Android. Pengumuman pemenang akan dilakukan pada 21 Oktober 2011 nanti.

Tahun ini, ada 8 kategori yang dilombakan, sama seperti tahun lalu Kategori tersebut adalah Best Social Networking Site, Best User of Technology, Best eCommerce, Best Games, Best User Generated Content, Best Portal, Best WAP, dan Best Mobile Application.

Informasi lengkap tentang SparxUp Awards kunjungi website http://www.sparxup.com.

 


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
    EditorReza Wahyudi

    Close Ads X