Telkomsel : Trafik Komunikasi di Bali Meningkat 40 Persen

Kompas.com - 13/10/2011, 15:26 WIB
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com - Data yang dilansir Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), menyatakan telah terjadi gempa bumi dengan kekuatan 6,8 skala Richter (SR) yang menguncang kawasan Nusa Dua, Bali, Kamis (13/10/2011). Gempa terjadi pukul 11.16 WITA atau 10.16 WIB di koordinat 9.89 LS, 114.53 BT atau sekitar 143 kilometer barat daya Nusa Dua, Bali, dengan kedalaman 10 kilometer.

Sesaat setelah terjadinya gempa 6,8 SR di Bali, gangguan komunikasi terasa di wilayah Denpasar, Kuta, Nusa Dua, dan Seminyak. Trafik komunikasi sempat mengalami lonjakan hingga 40 persen dari trafik normal. Sepuluh menit setelah terjadinya gempa, jaringan Telkomsel sudah kembali berjalan normal dan coverage layanan tetap berfungsi dengan baik.

“Sebanyak 2.291 base transceiver station (BTS) yang ada di wilayah Bali Nusa Dua kini telah mampu meng-cover lonjakan lalu lintas komunikasi. Telkomsel secara terus-menerus memantau perkembangan performansi jaringan dan memastikan layanan komunikasi dapat dinikmati dengan nyaman,” ungkap Ricardo Indra, GM Corporate Communications Telkomsel dalam rilis yang dikirimkan Kamis (13/10/2011).

Seperti diberitakan sebelumnya, Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyatakan, daerah yang terpapar dengan intensitas getaran terkuat dengan V dari VIII skala MMI di Denpasar. Sedangkan intensitas IV (ringan) terjadi Kuta, Ubud, Tabanan, Gambiran, Muncar, Negara, Srono, Genteng dan Banyuwangi. Gempa juga dirasakan di Madura, Jember, Blitar, Surabaya dan Malang III-IV MMI.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.