SparxUp 2011

Menghasilkan Startup dengan Daya Saing Tinggi

Kompas.com - 13/10/2011, 16:31 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com – Inovasi merupakan salah satu kunci keberhasilan perusahaan startup. Perusahaan yang memiliki inovasi dan model bisnis yang baik akan dapat bertahan dalam jangka panjang dan meraih sukses. Maka penyelenggaraan SparxUp tahun 2011 mengangkat tema “Innovation or Die” yang menuntut orisinalitas ide dan karya dari para peserta SparxUp.

Hal ini disampaikan  Herman Kwok, Ketua Panitia SparxUp Award dan Direktur Semut Api Colony, dalam wawancara melalui surat elektronik dengan KOMPAS.com. “Peserta tahun ini sudah lebih matang dan berkualitas,” ujar Herman.

Herman menambahkan, tujuan diadakannya event SparxUp adalah mengumpulkan dan menampilkan para pemain startup di Indonesia setiap tahun. Banyak bakat-bakat dan ide bagus yang tersebar di Indonesia tapi tidak dikenal. Melalui SparxUp, perusahaan startup yang berkualitas akan muncul dan dikenal oleh kalangan luas. Untuk yang belum punya karya bagus, akan bisa belajar melalui ide orang lain.

“Tujuan penyelenggaraan SparxUp sudah tercapai tahun lalu dan akan ditingkatkan kualitasnya tahun ini,” ungkap Herman.

Panitia SparxUp juga selalu melakukan evaluasi setiap enam bulan sekali untuk mengetahui progress para pemenang tahun lalu. “Setelah 6 bulan kami mengunjungi mereka, 30 persen berkembang lebih baik kondisi startup-nya, 45 persen berjalan normal dan sekitar 25 persen tidak berkembang atau mundur,” jelas Herman.

Rama Mamuaya, founder dan CEO Daily Social menambahkan, pencapaian SparxUp tahun 2010 lalu, jauh melebihi target panitia. Tahun 2011 ini, SparxUp ingin fokus kepada inovasi, agar startup yang berpartisipasi memiliki daya saing global dan memiliki layanan-layanan terbaru yang tidak kalah dengan mancanegara.

“Kami ingin menunjukkan bahwa startup Indonesia juga bisa bersaing dengan startup dari negara lain, dan mungkin bisa menunjukkan taring inovator-inovator teknologi asal Indonesia,” ungkap Rama dalam surat elektronik kepada KOMPAS.com.

SparxUp merupakan program jangka panjang, sehingga panitia terus membantu para peserta, finalis dan pemenang dalam hal mentorship, partnership dan networking. “Kami ingin para partisipan bisa terus maju bahkan setelah event SparxUp berakhir dan merupakan komitmen kami untuk bisa memajukan startup Indonesia secara umum,” tambah Rama.

Evaluasi yang dilakukan panitia menurut Rama, diantaranya ke GantiBaju.com dan LewatMana.com merupakan dua pemenang SparxUp 2010, yang kemudian memenangkan banyak penghargaan dari dalam dan luar negeri. “Perusahaan-perusahaan tersebut-pun telah berkembang begitu pesat sejak memenangkan SparxUp dan kami sangat bangga bisa menjadi bagian dari sejarah yang akan mereka buat nanti,” jelas Rama.

Menurut Rama, sejauh ini SparxUp merupakan kompetisi startup paling sukses di Indonesia, yang telah menghasilkan startup-startup berkualitas yang bertahan dalam jangka panjang. “Ajang ini dinilai oleh juri-juri yang relevan dan ahli di bidangnya, karena kami ingin meng-highlight startup Indonesia yang berkualitas dengan daya saing tinggi dengan startup luar negeri,” ujar Rama.

SparxUp merupakan kompetisi untuk para startup yang diselenggarakan oleh Semut Api Colony, Daily Social, dan KOMPAS.com. Tahun ini SparxUp telah memasuki tahun kedua. Terdapat delapan kategori yang dilombakan pada ajang SparxUp 2011, yakni Best Social Networking Site, Best User of Technology, Best eCommerce, Best Games, Best User Generated Content, Best Portal, Best WAP, dan Best Mobile Application. 

Baca tentang


    Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X