ASUS Pasarkan Laptop "Mirip" MacBook Air

Kompas.com - 13/10/2011, 19:12 WIB
EditorTri Wahono

KOMPAS.com - Dengan tujuan mematahkan dominasi MacBook Air di pasar laptop ultraportable, ASUS meluncurkan laptop super tipis, ZenBook, Rabu (12/10/2011).

ASUS ZenBook tersedia dalam dua model dengan ukuran layar 11,6 inci dan 13,3 inci. Spesifikasi standar notebook ini  adalah dilengkapi dengan media penyimpan hybrid solid state drive (SSD) sebesar 128 GB dan prosesor Intel i5 (tersedia juga opsi upgrade ke Intel i7). Zenbook menggunakan sistem operasi Microsoft, Windows 7 dan merupakan bagian dari Intel "Ultrabook", dengan ketebalan kurang dari satu inci dan kisaran harga 1000 dolar AS.

Dengan ketebalan hanya 0,11 inci (3mm) di bagian tertipis dan 0,35 inci (9mm) pada bagian paling tebal, ASUS mengklaim Zenbook adalah laptop tertipis yang tersedia di pasar saat ini (MacBook Air pada bagian paling tebal, 0,68 inci). Zenbook model UX21 memiliki bobot sekitar 1,1 kg dan UX31, dengan ukuran layar 13,3 inci, memiliki bobot sekitar 1,29 kg. Bila dibanding MacBook Air dengan ukuran layar yang sama, bobot UX21 sedikit lebih berat dan UX31 sedikit lebih ringan.

Debut MacBook Air di 2008 memang berdampak pada perubahan market share notebook dunia. Dengan bobot yang sangat ringan dan lebar layar 11 sampai 13 inci, serta jauh lebih powerful dibanding netbook - yang juga ringan namun dengan spesifikasi rendah, MacBook Air langsung menjadi primadona.

Sejak kemunculannya, MacBook Air hampir bisa disebut tidak mempunyai saingan berarti. Tahun 2011 ini barulah bermunculan produk-produk yang "mirip" MacBook Air, dari para kompetitornya, seperti Acer Aspire S3 dan ASUS ZenBook ini.

Feature andalan ZenBook adalah "Instant On", yang memangkas waktu boot dari mode standby menjadi dua detik saja dan daya tahan baterainya yang bisa bertahan dua minggu saat standby.

ZenBook akan dipasarkan mulai harga 999 dolar AS untuk model UX21 dan 1099 dolar AS untuk model UX31.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.