Peran Aktif KOMPAS.com di Industri Digital Indonesia

Kompas.com - 13/10/2011, 21:54 WIB
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com — SparxUp merupakan kompetisi startup yang tidak sekadar memberikan penghargaan (awarding), tetapi juga rangkaian workshop sebelum hingga sesudah malam penghargaan. KOMPAS.com bersama Semut Api Colony dan Daily Social mengadakan event ini dengan tujuan memajukan industri digital di Indonesia.

“Dengan SparxUp ini, kami bisa memotivasi bibit-bibit baru di industri startup sehingga bisnis digital bukan lagi sekadar hobi, melainkan ada aspek bisnisnya. Kami ingin menciptakan industri digital berkelanjutan (sustainable) yang konsisten pada bidangnya,” ujar Edi Taslim, Wakil Direktur PT Kompas Cyber Media (KOMPAS.com), saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (13/10/2011).

Edi menambahkan, target yang ingin dicapai pada penyelenggaraan tahun ini adalah lebih  banyak peserta yang mengikuti dan mendapatkan progres yang lebih baik. Ia puas pada pencapaian di tahun lalu, baik dari segi kuantitas maupun kualitas peserta.

“SparxUp merupakan salah satu pemicu perkembangan startup di Indonesia. Selama satu tahun terakhir, kita tahu bahwa perkembangan startup di Indonesia begitu pesat. Sebagai penyelenggara, kami bangga SparxUp bisa ikut memulai perkembangan tersebut,” tambah Edi.

Edi menjelaskan, sebagai salah satu penyelenggara, KOMPAS.com memiliki peran yang sama dengan Semut Api Colony dan Daily Social. Sama dalam hal mencari sponsor, memberikan pendanaan, memikirkan konsep, menentukan dewan juri, menentukan pembicara workshop, dan publikasi.

“Berhubung KOMPAS.com adalah perusahaan media massa, maka kami juga membantu publikasi baik itu artikel event, profil pemenang, artikel mengenai workshop, dan semua hal yang berhubungan dengan SparxUp,” jelas Edi.

Dalam hal pemilihan dewan juri, KOMPAS.com juga ikut menyeleksi dewan juri yang harus berasal dari beragam profesi, misalnya dari bidang marketing, media, dan agency. Andi Sadha, contohnya, adalah juri yang mewakili pihak agency. “Agar penilaian berdasarkan perspektif yang berbeda,” ungkap Edi.

Keberhasilan penyelenggaraan SparxUp tahun 2010 lalu, menurut Edi Taslim, juga memicu media lain untuk ikut berpartisipasi. Jumlah media partner untuk SparxUp 2011 pun meningkat dibandingkan tahun lalu, tidak hanya dalam lingkup Grup Kompas Gramedia, tetapi juga dari kelompok media lain.

“Semoga SparxUp tetap dapat menumbuhkan minat para penguasaha digital muda untuk berkreasi agar Indonesia makin dilirik pasar digital Internasional. Jangan hanya investornya yang makin banyak, tapi jumlah startup Indonesia yang siap berkompetisi juga harus makin banyak,” ujar Edi.

Meski belum berencana melakukan akuisisi startup mana pun, Edi menyatakan tidak menutup kemungkinan suatu hari KOMPAS.com akan melakukan akusisi tersebut. “Saat ini, kami baru dalam tahap melakukan kerja sama. Seperti untuk ulang tahun Kompasiana, kami memesan desain T-shirt kepada GantiBaju.com, salah satu pemenang SparxUp tahun 2010 lalu,” tutup Edi.

Baca tentang


    Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X