Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dennis Ritchie Tutup Usia, Para "Programer" Berduka

Kompas.com - 14/10/2011, 10:47 WIB

KOMPAS.com — Setelah kepergian Steve Jobs, dunia teknologi informasi kembali kehilangan seorang tokoh pentingnya. Dia adalah Dennis Ritchie, seorang ahli komputer asal Amerika, yang meninggal dunia pada Rabu (12/10/2011) pada usia 70 tahun.

Mungkin tak banyak yang mengenal nama Dennis Ritchie. Dia memang tak setenar Steve Jobs. Namun, jasanya dalam sejarah komputer dunia tak kalah dari Steve Jobs. Ritchie adalah orang yang membuat bahasa pemrograman C.

Bahasa C yang dibuat Ritchie ini menjadi dasar sistem operasi modern saat ini, seperti Linux, Apple MacOs, dan Android. Tanpa Ritchie, mungkin saja tidak ada komputer dan aplikasi-aplikasi seperti yang Anda pakai saat ini.

Seperti yang dikutip Kompas.com dari CNet, kabar kematian Ritchie pertama kali didapat dari rekan lama Ritchie, Rob Pikedi, melalui sebuah posting di Google+. Kabar ini kemudian dikonfirmasi oleh pihak Bell Labs, tempat pertama di mana Ritchie memulai kariernya.

Selain sebagai penemu bahasa C, Ritchie juga terkenal dengan tulisannya di buku yang berjudul The C Programming Language. Buku ini menjadi "primbon" wajib bagi para programer di seluruh dunia. Dia juga berkontribusi besar dalam pengembangan sistem operasi Unix, ini membuatnya menerima Turing Award pada tahun 1983 (bersama Kenneth Thompson).

Ritchie merupakan panutan dan guru bagi semua programer/developer di seluruh dunia. Kepergiannya tentu merupakan sebuah kehilangan besar bagi mereka dan tentunya dunia teknologi informasi.

Selamat jalan, Ritchie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com