Stop Ber-SMS atau BBM Sambil Berkendara!

Kompas.com - 15/10/2011, 16:47 WIB
EditorBastian

TEXAS, KOMPAS.com — Segera hentikan kegiatan ber-SMS atau BBM saat mengemudi atau menunggang sepeda motor. Ini bukan sekadar peringatan biasa. Kebiasaan itu bisa mengurangi refleks dengan sangat signifikan. Berarti, nyawa—diri sendiri ataupun orang lain—bisa melayang.

Christine Yager dari lembaga pendidikan Texas A&M University's Texas Transportation Institute telah melakukan penelitian mengenai pengaruh saat ber-SMS terhadap refleks. Ia mengumpulkan 42 responden berusia 16-54 tahun untuk mengendarai mobil di lintasan khusus dengan rintangan mirip situasi jalan raya yang berjarak 17,7 km. Pengemudi harus berusaha berhenti secepat mungkin saat lampu indikator kuning pada dashboard menyala.

Nah, tes dilakukan dengan dua cara. Pertama, saat SMS. Hasilnya, reaksi pengemudi butuh waktu tiga sampai empat detik untuk menghentikan mobil. Kedua, tanpa SMS cuma butuh satu sampai dua detik.

Menariknya, Yager juga menguji hal yang sama pada beberapa bikers dan hasilnya jauh lebih buruk! Reaksi pengereman 11 kali lipat lebih buruk, bahkan ada yang sama sekali tak menghentikan sepeda motornya. Ini bukti konkret!

"Baik membaca maupun mengetik SMS sambil mengemudi, punya bobot yang sama akan pengalihan konsentrasi. Sangat bahaya," tegas Yager. Bayangkan, kalau mobil di depan yang tiba-tiba berhenti, apa yang terjadi?!

Di Inggris, mengemudi sambil ber-SMS sudah menjadi "dosa" yang diperbolehkan. Tetapi, kini kepolisian setempat sudah menyatakan siap menindak tegas perilaku ini layaknya pelanggaran mengemudi saat mabuk.

Bagaimana di Indonesia? Tampaknya tak ada sanksi meski sudah ada larangan, terutama bagi pengendara mobil, masih ada yang ber-SMS atau BBM.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.