Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Artis Boleh Jualan Tiket Konser di YouTube

Kompas.com - 17/10/2011, 19:28 WIB

KOMPAS.com - Tidak lama lagi, YouTube tak hanya menjadi tempat para artis memamerkan videonya. Mulai hari ini, Senin (17/10/2011), Google meluncurkan Merch Store, sebuah fitur baru di YouTube, tempat para artis berjualan.

Di toko online, mitra musik YouTube dapat berjualan merchandise,  file musik, tiket konser, dan produk lain yang dicari para fans dan pengunjung. YouTube bekerja sama dengan beberapa pihak untuk meluncurkan toko online ini. Yaitu, Topspin yang membantu untuk penjualan merchandise dan tiket konser. Kemudian, ada SongKick yang membantu penjualan tiket konser. Terakhir, untuk transaksi penjualan file musik digital dipercayakan kepada iTunes dan Amazon.

Dalam beberapa pekan mendatang, layanan Merch Store telah dapat digunakan oleh semua mitra musik YouTube. Pihak YouTube tak bersedia mengungkapkan pembagian keuntungan dari penjualan di toko online ini. Yang jelas, mereka hanya akan mengutip sedikit biaya untuk sekadar menutupi biaya operasional saja.

Dengan adanya toko online ini tentu memberi manfaat baik untuk para artis maupun penggemarnya. Untuk para penggemarnya, sambil menonton video artis favoritnya, mereka juga dapat membeli barang-barang atau tiket  konser artis favoritnya itu. Sedangkan untuk artis, sudah tentu mereka akan mendapat tambahan pendapatan yang tidak sedikit.

Selain mengumumkan kehadiran Merch Store, Google juga melaporkan kondisi teraktual YouTube. Google menyebutkan saat ini tiap harinya ada 3 juta video yang siap ditonton dan dalam satu bulan terdapat 800 juta orang yang mengunjungi website video sharing ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com