Artis Boleh Jualan Tiket Konser di YouTube

Kompas.com - 17/10/2011, 19:28 WIB
EditorTri Wahono

KOMPAS.com - Tidak lama lagi, YouTube tak hanya menjadi tempat para artis memamerkan videonya. Mulai hari ini, Senin (17/10/2011), Google meluncurkan Merch Store, sebuah fitur baru di YouTube, tempat para artis berjualan.

Di toko online, mitra musik YouTube dapat berjualan merchandise,  file musik, tiket konser, dan produk lain yang dicari para fans dan pengunjung. YouTube bekerja sama dengan beberapa pihak untuk meluncurkan toko online ini. Yaitu, Topspin yang membantu untuk penjualan merchandise dan tiket konser. Kemudian, ada SongKick yang membantu penjualan tiket konser. Terakhir, untuk transaksi penjualan file musik digital dipercayakan kepada iTunes dan Amazon.

Dalam beberapa pekan mendatang, layanan Merch Store telah dapat digunakan oleh semua mitra musik YouTube. Pihak YouTube tak bersedia mengungkapkan pembagian keuntungan dari penjualan di toko online ini. Yang jelas, mereka hanya akan mengutip sedikit biaya untuk sekadar menutupi biaya operasional saja.

Dengan adanya toko online ini tentu memberi manfaat baik untuk para artis maupun penggemarnya. Untuk para penggemarnya, sambil menonton video artis favoritnya, mereka juga dapat membeli barang-barang atau tiket  konser artis favoritnya itu. Sedangkan untuk artis, sudah tentu mereka akan mendapat tambahan pendapatan yang tidak sedikit.

Selain mengumumkan kehadiran Merch Store, Google juga melaporkan kondisi teraktual YouTube. Google menyebutkan saat ini tiap harinya ada 3 juta video yang siap ditonton dan dalam satu bulan terdapat 800 juta orang yang mengunjungi website video sharing ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.