Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Smartphone "Symbian Belle" Hadir di Indonesia

Kompas.com - 19/10/2011, 19:52 WIB

KOMPAS.com - Nokia memperkenalkan 2 produk smartphone terbaru berbasis Symbian Belle, Nokia 600 dan Nokia 700, di pasar Indonesia. Hadirnya dua smartphone tersebut menandai keseriusan Nokia untuk tetap menggarap ponsel dengan sistem operasi Symbian.

"Nokia 600 adalah smartphone Nokia yang suaranya paling kencang," kata Irwan Hermawan, product manager Nokia, di Jakarta, Rabu (19/10/2011). Irwan mengungkapkan, Nokia 600 bisa menghasilkan suara hingga 106 Phons.

Selain itu, smartphone ini juga dilengkapi dengan built in antena radio FM untuk mendengarkan radio tanpa headset serta pemancar musik yang bisa menyiarkan musik dari smartphone ke radio FM. Diperkuat dengan kemampuan 60 jam pemutaran musik dan loudspeaker eksternal yang kuat, smartphone ini cocok bagi para pecinta musik.

Nokia 600 memiliki ukuran layar 3,2 inchi dan dimensi 111 x 53 x 13 mm serta berat 100 gram. Smartphone ini diperkuat dengan prosesor 1 GHz serta didukung memori 2 GB dan kamera 5 MP fized focus dilengkapi LED Flash dengan kemampuan merekam video 720p.

Sementara, untuk Nokia 700, Irwan mengatakan, "Ini adalah smartphone yang paling kecil dan paling compact." Dimensi Nokia 700 hanya 110 x 50,7 x 9,7 mm dengan berat 96 gram. walau ukurannya kecil, smartphone ini cukup bisa diandalkan, diperkuat prosesor 1 GHz dan memori 2GB serta kamera 5 MP fokus penuh dengan LED light.

Nokia 700 berbeda dengan Nokia 600 sebab layar berukuran 3,2 inchi-nya hadir dengan tampilan clear black. Baik Nokia 600 dan Nokia 700, keduanya merupakan smartphone layar sentuh. Sebagai seri smartphone Symbian Belle, dua produk tersebut mengusung salah satu fitur andalan Near Field Communication (NFC).

"Nokia 600 adalah smartphone pertama yang mampu mendukung penuh NFC, baik open NFC maupun secure NFC," kata Irwan. Open NFC menawarkan kemudahan untuk beberapa pemakaian, misalnya transfer foto dan video antar smartphone dengan hanya menyentuhkan satu sama lain, juga memutar musik di speaker yang mendukung NFC juga hanya dalam sekali sentuh. Sementara, secure NFC ke depan bisa digunakan untuk beberapa aplikasi, misalnya untuk pembayaran dan ticketing.

Namun, untuk secure NFC, pengguna Nokia 600 dan 700 harus menunggu update sistem operasi Symbian berikutnya untuk menikmati. Irwan menuturkan, "NFC memang bukan teknologi yang diciptakan Nokia. Tetapi Nokia telah membawa NFC ke market menjadi teknologi yang bisa dinikmati."

Salah satu buktinya, adanya dua aplikasi NFC yang tersedia di Nokia Store. Salah satu aplikasi adalah game Smash Mania dari Agate. Dengan teknologi NFC, game bertema badminton ini bisa dimainkan pengguna dengan mengayunkan smartphone serasa benar-benar bermain bulutangkis.

Aplikasi lain adalah Menoo!, aplikasi bertema resto dan makanan yang memungkinkan pengguna mengetahui restoran terdekat beserta menu unggulannya. Dengan NFC, Menoo! akan mengembangkan Menoo! Tap Tap, di mana pengguna nantinya bisa mendaftar waiting list, memesan menu makanan, dan mengetahui menu favorit hanya dengan tap saja.

Nokia 700 akan tersedia mulai pekan depan dengan harga Rp 3,1 juta. Sementara Nokia 600 baru akan hadir Desember nanti dengan harga Rp 2 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com