Satu Juta Baris Kode Untuk Membangun Android 4.0

Kompas.com - 19/10/2011, 21:32 WIB
EditorTri Wahono

KOMPAS.com - Bebeberapa jam setelah Samsung dan Google meluncurkan Galaxy Nexus dan Android 4.0 (Ice Cream Sandwich), SVP Mobile Google, Andy Rubin di sesi konferensi AllThingD's Asia berbicara soal platform dan rencana Google di masa depan.

Seperti yang dikutip dari TheNextWeb, Rubin membahas soal peluncuran Galaxy Nexus dan Android 4.0 dan rencana Google terhadap smartphone Google Nexus dan smartphone Android buatan vendor lain.

Rubin pun banyak bercerita bagaimana engineer dan designer Google bekerja keras membangun Galaxy Nexus. Mereka semua terjun langsung dalam pembuatan desain dan sistem pengoperasian smartphone Google terbaru tersebut. Para pekerja Google ini bekerja bersama semua partner hardware, Samsung untuk ponselnya dan Texas Instrument sebagai penyuplai prosesor.

Rubin menambahkan, di belakang Android Ice Cream Sandwich terdapat lebih dari satu juta baris kode. Ya, diperlukan satu juta baris kode untuk membangun Android terbaru ini.

Andy Rubin mengatakan, "Anda tentu tidak ingin membangun sesuatu yang biasa-biasa saja dan kemudian melemparkan ke balik pagar", ini berkaitan dengan Galaxy Nexus yang dijadikan sebagai "reference design". Artinya, Google ingin Galaxy Nexus dapat menjadi rujukan untuk para vendor ponsel dalam merancang smartphone dan tablet Android.

Dalam membangun Ice Cream Sandwich, Rubin mengatakan Google telah bekerja keras untuk meningkatkan kualitas user interface platform tersebut, dengan membuatnya lebih intuitif.

Dia mengatakan "Perlu waktu lama untuk menambah kemampuan HoneyComb. Ice Cream Sandwich merupakan platform terbaik yang pernah kami buat."



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X