Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu Juta Baris Kode Untuk Membangun Android 4.0

Kompas.com - 19/10/2011, 21:32 WIB

KOMPAS.com - Bebeberapa jam setelah Samsung dan Google meluncurkan Galaxy Nexus dan Android 4.0 (Ice Cream Sandwich), SVP Mobile Google, Andy Rubin di sesi konferensi AllThingD's Asia berbicara soal platform dan rencana Google di masa depan.

Seperti yang dikutip dari TheNextWeb, Rubin membahas soal peluncuran Galaxy Nexus dan Android 4.0 dan rencana Google terhadap smartphone Google Nexus dan smartphone Android buatan vendor lain.

Rubin pun banyak bercerita bagaimana engineer dan designer Google bekerja keras membangun Galaxy Nexus. Mereka semua terjun langsung dalam pembuatan desain dan sistem pengoperasian smartphone Google terbaru tersebut. Para pekerja Google ini bekerja bersama semua partner hardware, Samsung untuk ponselnya dan Texas Instrument sebagai penyuplai prosesor.

Rubin menambahkan, di belakang Android Ice Cream Sandwich terdapat lebih dari satu juta baris kode. Ya, diperlukan satu juta baris kode untuk membangun Android terbaru ini.

Andy Rubin mengatakan, "Anda tentu tidak ingin membangun sesuatu yang biasa-biasa saja dan kemudian melemparkan ke balik pagar", ini berkaitan dengan Galaxy Nexus yang dijadikan sebagai "reference design". Artinya, Google ingin Galaxy Nexus dapat menjadi rujukan untuk para vendor ponsel dalam merancang smartphone dan tablet Android.

Dalam membangun Ice Cream Sandwich, Rubin mengatakan Google telah bekerja keras untuk meningkatkan kualitas user interface platform tersebut, dengan membuatnya lebih intuitif.

Dia mengatakan "Perlu waktu lama untuk menambah kemampuan HoneyComb. Ice Cream Sandwich merupakan platform terbaik yang pernah kami buat."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com