SparxUp Awards 2011

Untuk Raih Gelar Terbaik, 21 Startup Siapkan yang Terbaik

Kompas.com - 20/10/2011, 12:27 WIB
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com - Para pemenang SparxUp Awards 2011 akan menjalani pitching di hadapan panelis hari ini (20/10/2011). Sebanyak 25 pemenang dari delapan kategori akan melakukan pitching untuk memperebutkan gelar Best of The Best yang akan diberikan pada malam penghargaan di Grand Ballroom Indonesia Kempinski, Jumat (21/10/2011).

"Yang terpilih sebagai Best of The Best adalah yang memiliki keunikan, memiliki rencana masa depan, serta memiliki kemungkinan ekspansi. Panelis akan menilai konsep yang mereka miliki," ujar Herman Kwok, ketua panitia SparxUp Awards 2011 dalam jumpa pers di International Business School (IDS) Epicentrum Walk, Jakarta, Kamis (20/10/2011).

Dari total 25 pemenang, yang akan pitching hari ini adalah 21 pemenang, karena ada empat startup yang memenangkan dua kategori. "Tahun lalu yang menang dua kategori ada dua startup, tahun ini ada empat, karena juri menganggap mereka layak menang di dua kategori," tambah Herman.

Hari ini pitching akan dibagi dalam dua sesi. Jumlah panelis sebanyak enam orang akan dibagi dua kelompok. Sepuluh pemenang akan pitching dengan tiga panelis, dan sebelas pemenang akan pitching dengan tiga panelis lainnya.

Tahun lalu, partisipan yang mengikuti SparxUp Awards sebanyak 320 partisipan. Yang lolos seleksi awal dan masuk penjurian sebanyak 126 dengan menghasilkan 23 pemenang dan dengan jumlah juri sebanyak 23 juri dengan 11 pitching panelis. Tahun ini, partisipan yang mengikuti SparxUp Awards sebanyak 167, dengan jumlah yang lolos seleksi awal sebanyak 129. Jumlah pemenang 25, dengan dewan juri sebanyak 17 orang dan panelis pitching 6 orang.

SparxUp Awards tahun ini mengusung tema "Innovate or Die". Pemilihan tema ini dimaksudkan untuk menanggapi banyaknya startup lokal yang hanya meniru situs dari luar negeri, yang dalam jangka panjang akan mengakibatkan tidak sehatnya perkembangan dunia digital di tanah air. Hal buruk lainnya adalah startup digital seperti kurang memikirkan kelangsungan jangka panjang startup-nya dan beberapa pemilik situs hanya berniat untuk menjual kepemilikan situsnya saja.

Hal-hal tersebut yang dihindari dalam penyelengaraan SparxUp Awards tahun ini. SparxUp Awards 2011 diharapkan bisa memunculkan perusahaan teknologi asal Indonesia dengan inovasi dan solusi kelas dunia yang bisa bersaing dengan perusahaan teknologi dari negara lain dan menempatkan Indonesia di peta persaingan teknologi dunia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.