Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas, Serangan Peretas Lewat Foto Berdarah Khadafy!

Kompas.com - 21/10/2011, 23:10 WIB
M.Latief

Penulis

WASHINGTON, KOMPAS.com — Sebuah perusahaan keamanan komputer memperingatkan adanya kejahatan dunia maya yang mencoba menyusup dengan jalan mengeksploitasi foto-foto milik Agence France-Presse (AFP) berupa gambar-gambar terbunuhnya Moammar Khadafy ke dalam surat elektronik (surel) atau e-mail.

Graham Cluley, konsultan senior Sophos, sebuah perusahaan keamanan jaringan komputer yang berbasis di Inggris menuturkan, isi surel tersebut didesain untuk menyerang komputer-komputer pribadi yang menjalar melalui sistem operasi Windows.

"Para peretas telah melakukan spamming dengan serangan-serangan berupa foto tewasnya Khadafy, dan mengelabui pengguna komputer karena seolah-olah kiriman foto tersebut benar-benar berasal dari AFP dan kemudian diteruskan ke pengguna internet berikutnya," kata Cluley. 

Cluley mengatakan, serangan surel tersebut dikirimkan dengan tema "AFP Photo News" dan menawarkan "foto-foto berdarah" pada peristiwa tewasnya Khadafy. Memang, lanjut dia, AFP adalah agen berita pertama yang mendistribusikan foto tubuh berdarah Khadafy pada hari kematiannya, Kamis (20/10/2011), tetapi bukan berupa surel. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com