Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bistip dan Andtechnology Paling Bersinar di SparxUp Award

Kompas.com - 22/10/2011, 07:42 WIB

KOMPAS.com - Ajang SparxUp Award telah mencapai puncaknya, Jumat (21/10/2011) malam. Dua startup berhasil meraih penghargaan sebagai Best Most Promising Startup dan Best Rising Star, menggondol sejumlah hadiah berupa uang tunai, trophy serta kesempatan mendapatkan coaching dari para pakar dalam bisnis digital untuk membantu mengembangkan bisnis.

Gelar Best Most Promising Startup berhasil diraih oleh Bistip.com. Situs ini menyediakan layanan titip-menitip barang dan menyebutnya social marketplace. Lewat situs ini, satu pengguna bisa menitip barang pada pengguna lain yang sedang bepergian ke suatu tempat. Deal soal pembayaran, pengiriman dan sebagainya bisa diselesaikan sesuai cara pengguna.

Saat ini, Bistip.com sudah memiliki sekitar 2500 Bistiper, istilah yang dipakai untuk pengguna Bistip. Cukup banyak transaksi yang terjadi. Di setiap transaksi yang berjalan baik, penitip bisa member reputasi bagus pada si pembawa barang. Selain meraih Best Most Promising Startup, Bistip juga meraih Best Social Network dan Best User Generated Content dalam ajang SparxUp kali ini.

Sementara itu, gelar Best Rising Star diraih oleh Andtechnology.mobi, sebuah perusahaan penyedia solusi mobile. Andtechnology bisa mengembangkan solusi mobile untuk beragam aplikasi dan platform sistem operasi. Beberapa solusi yang telah dikembangkan saat ini mencakup bidang kesehatan dan minuman.

Dalam ajang SparxUp 2011, Andtechnology menang berkat produknya yang dinamai Blink Kontrol. Produk yang terdiri dari rangkaian hardware, smartphone Android, dan aplikasi ini memungkinkan penderita stroke untuk berkomunikasi dan melakukan aktivitas tertentu. Cukup mengedipkan mata, maka penderita stroke bisa mematikan AC misalnya.

Selain dua startup tersebut, sebanyak 23 startup lain juga menerima penghargaan SparxUp Award. Beberapa startup peraih itu adalah Ngaturduit.com, Ngomik.com, mobile game NyonNyonNyon dan Stack the Stuff, Bouncity, serta Inkuiri for BlackBerry.

Ajang SparxUp Award tahun ini telah memasuki tahun kedua di mana Kompas.com turut berperan sebagai penyelenggaranya. Tema "Innovate or Die" diusung dalam perlombaan tahun ini, menggarisbawahi pentingnya inovasi. Secara umum, produk-produk startup tahun ini sudah semakin orisinal dan menunjukkan inovasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com