Smartfren Janjikan Kecepatan Download Hingga 14,7 Mbps

Kompas.com - 24/10/2011, 15:12 WIB
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com -  Smartfren, penyedia layanan telekomunikasi berbasis teknologi CDMA di Indonesia, memperluas penggunaan teknologi EV-DO (Evolution Data Only/Evolution Data Optimized) Rev.B fase 2.

Sebelumnya, Smartfren tercatat sebagai operator pertama di Indonesia yang menerapkan teknologi EV-DO Rev.B dengan menerapkan fase pertama dari teknologi ini, dengan kecepatan akses hingga 9,3 Mbps di Bali pada Januari 2010.

Teknologi EV-DO Rev.B fase 2 adalah layanan akses Internet broadband berkecepatan tinggi yang setara dengan teknologi GSM 3,5G. Jika pada fase sebelumnya teknologi ini mampu menghadirkan kecepatan akses Internet hingga 9,3 Mbps, maka pada fase kedua ini mampu menghadirkan kecepatan akses hingga 14,7 Mbps untuk mengunduh (download) dan kecepatan hingga 5,4 Mbps untuk mengunggah (upload).

Teknologi ini juga memiliki koneksi khusus untuk komunikasi data, yang terpisah dari koneksi untuk komunikasi suara sehingga jika terjadi peningkatan trafik di salah satu layanan tidak akan mengganggu kualitas dari layanan komunikasi lainnya.

Pelanggan Smartfren mampu menikmati layanan EV-DO Rev.B fase 2 ini dengan menggunakan kartu Smartfren serta perangkat yang telah mendukung teknologi tersebut. Bersamaan dengan peluncuran teknologi ini, Smartfren juga menghadirkan modem yang mendukung teknologi EV-DO Rev. B fase 2 ini, yakni modem AC2791 dan EC306-2 seharga Rp 699 ribu dengan fasilitas 30 hari Internet unlimited gratis, up to 14,7 Mbps.

Modem AC 2791 dan EC 306-2 memiliki kecepatan download hingga 14,7 Mbps dan upload hingga 5,4 Mbps. Kedua modem ini dapat digunakan pada frekuensi 800 atau 1900 Mhz, juga dapat digunakan untuk mengirim/menerima SMS dan memiliki slot kartu microSD.

Saat ini, manfaat teknologi EV-DO Rev. B fase 2 dapat dinikmati pelanggan Smartfren yang berada di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi, sedangkan kota lain yang akan segera menyusul adalah Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Malang, dan Denpasar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.