Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Industri Kreatif

Pemenang Startup BootCamp Akan "Dipingit" 100 Hari

Kompas.com - 25/10/2011, 16:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia merupakan negara konsumen digital terbesar di dunia, contohnya dalam penggunaan jejaring sosial. Namun, Indonesia tidak boleh bangga menggunakan produk luar negeri, tidak boleh bangga hanya berperan sebagai konsumen. Indonesia harus punya ide dan produk baru yang kuat, sehingga bangsa Indonesia bangga untuk menggunakannya.

Hal ini disampaikan Andy Zain, pendiri Mobile Monday Indonesia yang akan menjadi salah satu juri dalam Startup Bootcamp yang akan diadakan Telkomsel tanggal 18 - 20 November 2011.

"Indonesia memiliki 400-an perusahaan startup yang terlihat ingin berkembang. Kalau digabung dengan yang tidak terdata, mungkin ada sekitar 800-an perusahaan startup. Mereka semua butuh kesempatan untuk maju bersama-sama," ujar Andy Zain dalam jumpa pers Telkomsel Bootcamp di The Only One Club, FX F'Center Jakarta, Selasa (25/10/2011).

Melihat perkembangan startup digital di Indonesia tersebut, Telkomsel menggelar Startup Bootcamp selama tiga hari. Pendaftaran bisa dilakukan melalui website http://telkomselstartupbootcamp.com/ dan hanya 100 teknopreneur yang terpilih oleh Telkomsel yang bisa mengikuti acara ini.

"Bagi yang berminat, cukup mendaftar dan sertakan proposal sejak hari ini hingga 11 November 2011. Tidak ada kategori atau persayaratan khusus. Tim dari Telkomsel akan memilih siapa saja yang layak mengikuti workshop selama 3 hari. Mereka akan dihubungi via e-mail, telepon, dan nama-namanya akan muncul di website," ujar Marcella Dewi, Head of Partnership and Alliance Development and Management Telkomsel saat ditemui KOMPAS.com usai jumpa pers. Sejumlah 100 peserta tersebut akan dibagi ke dalam beberapa tim dengan jumlah anggota 3 hingga 5 orang per tim.

Workshop selama tiga hari akan berisi seminar dan training dari 10 mentor yang merupakan praktisi teknopreneur Indonesia. Pembicara seminar adalah Andy Sjarif (Group CEO SITTI) dan Satya Witoelar (co-founder Koprol). Sedangkan para mentor diantaranya Wong Meng Weng (co-founder JFDI Asia), Sanny Gaddafi (teknopreneur), Dondi Hananto (founder Kinara Indonesia), Natali Ardianto (COO PT. Tiket Network), Danny Wirianto (co-founder dan CEO MindTalk), Antony Liem (CEO Merah Putih Inkubator), David Wayne Ika (CEO Lintas.me), Megain Widjaya (CEO ICDX), dan Kevin Mintaraga (CEO Magnivate Group).

Pada hari terakhir workshop, semua tim yang sudah terbentuk harus melakukan presentasi di hadapan dewan juri.  Para juri yang akan menilai adalah Betty Alisjahbana (Presiden Direktur IBM Indonesia), Hugh Mason (co-founder dan CEO JFDI Asia), David Burke (CEO, Presiden Direkturdan founder PT. Wellington Capital Advisory), dan Andy Zain (founder Mobile Monday Indonesia dan New Media Space).

Para juri akan memilih satu tim yang akan mewakili Indonesia untuk menghadiri JFDI-Innov8 2012 Bootcamp di Singapura dan akan mengikuti inkubasi selama 100 hari (akhir Januari hingga April 2012). Lima negara lainnya yakni Singapura, Filipina, Australia, India, dan Thailand juga melakukan seleksi serupa. Sebanyak enam tim perwakilan enam negara akan bertemu dalam bootcamp di Singapura tersebut. "Total ada 15 tim yang akan mengikuti bootcamp di Singapura. Sembilan tim lainnya akan kami buka seleksi via website dan melalui Skype secara global dari negara lain di seluruh dunia," tambah Marcella.

Total 15 tim tersebut akan mendapat kesempatan untuk melakukan picthing di hadapan investor internasional di Singapura, pada akhir April 2012. Seluruh tim akan diminta mengimplementasikan rancangan prototipe bisnis berbasis digital yang sebelumnya masih dalam bentuk proposal. Event ini bukan lagi berupa kompetisi sehingga tidak akan dipilih pemenang terbaik. Pitching bertujuan untuk membantu para teknopreneur bertemu dengan investor global.

"Kami juga tidak akan melakukan akuisisi atau melakukan kerja sama dengan para teknopreneur tersebut. Kami akan membantu para teknopreneur untuk masuk ke dunia bisnis global, bertemu dengan investor internasional secara langsung, sehingga mereka mendapatkan akses pasar yang strategis bagi aplikasi digital dan jasa inovatif mereka," ujar Yvonne Kwek, CEO Innov8 yang juga hadir dalam jumpa pers.

Pendaftaran dibuka sejak hari ini hingga 11 November 2011. Telkomsel menjanjikan hadiah sebesar 30 ribu dolar AS bagi tim yang terpilih mewakili Indonesia di JFDI-Innov8 2012 Bootcamp di Singapura.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com