PENGHARGAAN

Ashoka Nobatkan 10 Inovator Sosial

Kompas.com - 26/10/2011, 04:48 WIB
Editor

Jakarta, Kompas - Asosiasi para wirausaha sosial global Ashoka Indonesia menobatkan 10 inovator sebagai Ashoka Social Entrepreneur 2010-1011, Selasa (25/10), di Jakarta. Organisasi yang berbasis di Washington, Amerika Serikat, itu memberikan dukungan finansial untuk kegiatan sosial penerima penghargaan selama tiga tahun dan jejaring secara global.

”Ashoka Indonesia memberikan penghargaan kepada inovator sosial di Indonesia sejak tahun 1983. Hingga sekarang terdapat 153 orang penerima penghargaan tersebut,” kata perwakilan Ashoka Indonesia, Mira Kusumarini.

Mira mengatakan bahwa jumlah inovator sosial diproyeksikan ada satu berbanding 10 juta populasi. Inovator sosial sebutan untuk aktivis yang mendedikasikan karya dan empati dalam menyelesaikan berbagai masalah masyarakat.

Penghargaan Ashoka Indonesia bagi 10 inovator sosial kali ini disampaikan kepada Mia Sutanto dan Luh Ketut Suryani (bidang sosial kesehatan), Ciptono dan Reggi Kayong Munggaran (bidang pendidikan kaum muda). Penghargaan juga diberikan kepada Romo Suyatno Hadiat- mojo, Derajat Ginanjar, Donny Budi Utoyo (bidang plural- isme dan hak asasi manusia), serta Masril Koto, John Ndolu, dan Erie Sudewo (bidang sumber daya finansial bagi sektor sosial).

Mia Sutanto mengatakan, aktivitasnya selama ini sebagai Ketua Umum Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI). Penghargaan Ashoka Indonesia sangat menunjang untuk AIMI dalam menyampaikan dukungan gerakan menyusui bagi ibu-ibu dari Indonesia yang bekerja di negara-negara tetangga.

Romo Suyatno dari Yogyakarta merupakan aktivis Forum Persaudaraan Umat Beriman (FPUB) di Yogyakarta. ”Kegiatan kami mendoakan dan bekerja bersama masyarakat yang sedang berkesusahan, seperti korban letusan Gunung Merapi saat ini,” kata Suyatno. (NAW)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.