"Angry Birds" Segera Meluncur ke Antariksa

Kompas.com - 26/10/2011, 17:41 WIB
|
EditorTri Wahono

KOMPAS.com — Boneka "Angry Birds", tokoh game populer yang dikembangkan Rovio Mobile, akan segera meluncur ke International Space Station (ISS). Boneka yang berwarna merah itu akan menemani kosmonot Rusia dan astronot NASA, Anton Shkaplerov, Anatoli Ivanishin, dan Dan Burbank.

Mereka akan terbang ke antariksa dengan pesawat Soyuz TMA-22 dari Baikonur Cosmodrome di Kazakhstan pada tanggal 14 November sekitar pukul 11.14 WIB. Shkaplerov dalam konferensi pers, Senin (24/10/2011), mengatakan bahwa Angry Birds akan menjadi indikator bahwa para kosmonaut telah memasuki zona gravitasi nol.

"Indikator ini akan kami pasang di Bumi, kami gantungkan di sebuah kawat tepat di belakang pintu antara modul pendaratan dan kompartemen tempat tinggal. Pada saat kami memasuki zona tanpa bobot, tepat 10 menit setelah peluncuran, boneka itu akan melayang. Jadi, kami tahu bahwa penerbangan sukses dan telah berada di antariksa," ungkap Shkaplerov.

Selain boneka Angry Birds, tablet produksi Apple juga akan menemani astronot di ISS. Tablet ini akan dikirim dengan pesawat tanpa awak, Progress M-13M, yang akan diluncurkan dari Baikonur Cosmodrome pada tanggal 30 Oktober 2011 pukul 17.11 WIB. iPad akan menjadi tablet pertama yang dikirim ke ISS. Ia akan menemani laptop, iPod, dan iPhone yang sudah berada di antariksa.

"Rusia akan mengirimkan dua tablet dengan penerbangan Progess. Tablet itu hanya akan digunakan untuk tujuan hiburan," kata Kelly Humphries, juru bicara NASA, seperti dikutip Space.com, Selasa (25/10/2011).

Di luar tujuan hiburan, NASA sendiri tengah melakukan pengujian kemungkinan penggunaan tablet di antariksa untuk tujuan selain hiburan. Tahun depan, diharapkan ada satu atau lebih tablet lagi yang dikirim. Untuk iPad yang dikirim, belum jelas apakah juga dilengkapi dengan aplikasi permainan Angry Birds.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.